News

Memalukan! Insiden Bendera Merah Putih Terbalik di Prapembukaan SEA Games 2023

Pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja, Jumat (5/5) malam, diwarnai insiden yang membuat geram warganet Indonesia.

Featured-Image
Insiden bendera Merah Putih yang dikibarkan terbalik dalam prapembukaan SEA Games 2023. Foto: Bola

bakabar.com, BANJARMASIN - Pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja, Jumat (5/5) malam, diwarnai insiden yang membuat geram warganet Indonesia.

Penyebabnya bendera Merah Putih dipasang terbalik dalam prapembukaan SEA Games 2023 atau persiapan sebelum upacara dimulai di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh.

Disiarkan langsung melalui akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia, Merah Putih yang terbalik itu tidak hanya terjadi kepada salah seorang pemegang bendera.

Setidaknya bendera yang salah pasang dipegang tiga orang. Mereka bergerak di antara petugas yang membawa bendera-bendera negara peserta.

Insiden itu pun langsung direspons Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Mereka telah mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC).

KOI mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara kepada Vath Chamr selaku Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC.

Tidak lama berselang, CAMSOC menyampaikan permintaan maaf dan memastikan kejadian serupa tidak terulang dalam upacara pembukaan SEA Games 2023.

"Penempatan bendera yang terbalik tidak dapat diterima, karena sebelumnya CAMSOC telah diberitahu," papar Plt Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara, dilansir dari Antara.

"Selanjutnya Kamboja sudah meminta maaf secara langsung dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony," imbuhnya.

Insiden itu mengulang kenangan pahit SEA Games 2017 di Malaysia. Bendera Indonesia yang seharusnya merah putih, dicetak terbalik dalam buku panduan SEA Games.

Kejadian memalukan tersebut sempat membuat geram masyarakat Indonesia, termasuk Imam Nahrawi ketika menjabat Menteri Pemuda Olahraga (Menpora).

Selanjutnya nota protes diajukan kepada panitia penyelenggara SEA Games 2017. Akhirnya Malaysia melalui Kementerian Belia dan Sukan juga meminta maaf.

Editor


Komentar
Banner
Banner