Kebun Raya Mangrove

Megawati Resmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya, Pertama di Indonesia

Megawati Soekarnoputri meresmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya, Rabu (26/7) siang. Kata dia, mangrove berguna untuk mencegah bencana.

Featured-Image
Megawati Soekarnoputri Resmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya (26/7). Foto: Dok Pemprov Jatim

bakabar.com, SURABAYA - Megawati Soekarnoputri meresmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya, Rabu (26/7) siang. Kata dia, mangrove berguna untuk mencegah bencana.

Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia itu datang bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Dia disambut oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Sebelum meninjau, Eri memberikan papara tentang Kebun Raya Mangrove kepada Megawati. Lalu, dia menaiki buggy car untuk berkeliling di kawasan Gunung Anyar Surabaya itu.

Baca Juga: Libur Sekolah, Pengunjung Kebun Raya Tidar Naik 70 Persen

Kemudian, Presiden ke-5 Republik Indonesia itu meresmikan Kebun Raya Mangrove dan memberikan pidato.

Dalam pidatonya, Megawati menyebut Kebun Raya Mangrove di Surabaya merupakan satu dari 45 Kebun Raya di Indonesia.

Kata Megawati, saat dirinya menjadi wakil presiden RI, Kebun Raya di Indonesia hanya ada lima.  "Pengembangan kebun raya tidak mudah, karena ada standarisasinya," ucapnya.

Megawati juga menjelaskan bahwa pengadaan Kebun Raya Mangrove ini sudah dibahas sejak Tri Rismaharini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Tujuannya untuk membuat kota ini sejuk dan mencegah bencana. 

"Mangrove itu bisa memecah gelombang, jadi bisa menangkal tsunami. Akarnya kuat dan tidak mudah roboh," paparnya.

Sementara itu, Eri Cahyadi mengatakan Kebun Raya Mangrove ini juga berguna untuk tempat wisata dan edukasi.

Selain itu, Eri mengungkapkan bahwa Pemkot Surabaya mempekerjakan warga miskin di kebun raya tersebut.

"Banyak lahan pemkot yang bisa digerakkan untuk warga Kota Surabaya. Tujuannya untuk mengurangi kemiskinan dan memberikan kesejahteraan," ujarnya.

Sebagai informasi, Kebun Raya Mangrove Surabaya memiliki 57 jenis koleksi tanaman mangrove. Dengan total luas lahan 34 hektare.

Baca Juga: Rayakan Ultah Raja Inggris di Kebun Raya Bogor

Rinciannya; 27 hektare di kawasan Gunung Anyar dan Medokan Sawah. Sisanya 7 hektare di Wonorejo. 

Biar tahu saja. Kebun Raya Mangrove Surabaya diinisiasi oleh Pemkot Surabaya bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Peresmian Kebun Raya Mangrove Surabaya ini juga bersamaan dengan Hari Mangrove Sedunia yang diperingati setiap tanggal 26 Juli. 

Kebun Raya Mangrove Surabaya ini menjadi kebun raya tematik pertama di Indonesia. Serta satu-satunya yang terletak sepanjang pesisir pantai. 

Editor


Komentar
Banner
Banner