Piala Asia U-20

Mau Lolos Fase Grup Piala Asia U-20? Ini yang Harus Timnas Indonesia Lakukan

Timnas Indonesia akan melakoni laga pamungkas di Piala Asia U-20 menghadapi tuan rumah Uzbekistan, Hasil menang wajib diraih skuat Garuda Nusantara

Featured-Image
Timnas Indonesia U-20 saat mengalahkan timnas Suriah dengan skor 1-0 dalam lanjutan laga kedua fase grup A Piala Asia U-20 2023 (Foto: dok. AFC)

bakabar.com, JAKARTA – Timnas Indonesia akan melakoni laga penentu di Piala Asia U-20 menghadapi tuan rumah Uzbekistan. Hasil menang wajib diraih skuat Garuda Nusantara demi lolos ke putaran perempat final.

Menghadapi tim tuan rumah Uzbekistan di laga pamungkas Grup A, pada Selasa (7/3) malam WIB, tim besutan Shin Tae-yong itu wajib mengusung misi meraih hasil sempurna.

Namun meraih tiga poin melawan Uzbekistan tentu tidak akan berjalan mudah bagi skuat Garuda Nusantara dalam upaya meraih tiket lolos ke babak selanjutnya.

Dalam dua pertandingan terakhir di fase grup, tim tuan rumah berhasil menyapu bersih kemenangan kala menghadapi Irak dan Suriah.

Dengan hasil apik yang diraih oleh Uzbekistan di dua laga itu, tentu akan membuat skuat Garuda Nusantara wajib bekerja keras untuk menaklukan sang tuan rumah.

Tapi menjelang laga tersebut, Ronaldo Kwateh cs memiliki modal cukup baik. Semangat juang anak asuh Shin Tae-yong sedang membara karena berhasil meraih kemenangan di laga kedua kala menghadapi timnas Suriah.

Hasil apik yang diraih oleh skuat Garuda Nusantara dari Suriah itu membuat peluang timnas Indonesia untuk lolos dari fase grup sedikit terbuka.

Kemenangan atas Suriah membawa skuat Garuda Nusantara kini menduduki peringkat ketiga dengan perolehan tiga poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari Irak yang menempati urutan kedua.

Sementara, hasil pertandingan antara Irak dan Suriah di waktu bersamaan juga patut disimak oleh Timnas Indonesia untuk merebut satu tiket ke babak perempat final Piala Asia U-20.

Lantas, apa saja skenario yang harus dilalui oleh Timnas Indonesia U-20 jika ingin lolos ke tahap perempat final Piala Asia U-20.

Wajib Menang

Menghadapi tim tuan rumah Uzbekistan, Timnas Indonesia U-20 wajib meraih kemenangan dari sang unggulan di turnamen bergengsi Asia itu.

Hasil kemenangan dari Uzbekistan jelas sangat membantu skuat Garuda Nusantara untuk memantapkan diri lolos ke putaran perempat final Piala Asia U-20.

Kendati demikian, Timnas Indonesia juga harus berkaca dari pertandingan lainnya antara Irak dan Suriah. Hasil Irak kalah dan bermain imbang dari Suriah membuat Timnas Indonesia lolos ke putaran selanjutnya.

Hasil Imbang dari Uzbekistan

Timnas Indonesia U-20 tetap akan lolos ke tahap selanjutnya jika hanya mampu bermain imbang dengan tim tuan rumah Uzbekistan di laga pamungkas grup A itu.

Namun, hasil imbang ini juga tentu harus didukung dengan hasil pertandingan grup A lainnya antara Irak kontra Suriah.

Suriah harus dapat mengalahkan timnas Irak agar skuat Garuda Nusantara tetap lolos dengan predikat sebagai runner-up grup A.

Head to head

Sedangkan untuk skenario berikutnya, jika Indonesia dan Irak sama-sama meraih hasil kemenangan maka penentuannya akan dihitung melalui head to head antara Indonesia, Irak, Uzbekistan.

Tentu skenario ini sangat buruk bagi Timnas Indonesia, secara skuat Garuda Nusantara pasti kalah dari timnas Irak kalau dengan hitungan head to head.

Kendati begitu, Timnas Indonesia U-20 tentu sangat berharap agar timnas Suriah berhasil menumbangkan Irak untuk meloloskan skuat Garuda Nusantara ke fase selanjutnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner