Religi

Masjidil Haram Gelar Salat Idulfitri dengan Kapasitas Penuh untuk Pertama Kali Sejak Pandemi

apahabar.com, JAKARTA – Pertama kalinya sejak pandemi, Masjidil Haram menggelar salat Idulfitri 2022 dengan kapasitas penuh….

Featured-Image
Ilustrasi, salat Idulfitri di Masjidil Haram. Foto-Net.

bakabar.com, JAKARTA – Pertama kalinya sejak pandemi, Masjidil Haram menggelar salat Idulfitri 2022 dengan kapasitas penuh. Arab Saudi juga mengizinkan semua masjid di seluruh wilayahnya untuk menggelar salat dengan kapasitas penuh.

Masjid di Saudi mulai beroperasi dengan kapasitas penuh lagi pada pertengahan Oktober tahun lalu, ketika kasus mulai turun. Terutama ketika sebagian besar penduduk Saudi telah divaksinasi dengan setidaknya dua suntikan.

Mengutip Republika, Selasa (3/5), Al Arabiya melaporkan salat Idulfitri dilakukan setelah pengumuman hari raya yang ditentukan dengan terlihatnya hilal Syawal. Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan Idulfitri setelah sebulan berpuasa, berdoa, dan merenung selama Ramadan yang jatuh pada bulan kesembilan dalam kalender Hijriah Islam. Kalender ini terdiri dari 12 bulan dengan 345 hingga 355 hari dalam setahun.

Setelah salat Idulfitri, keluarga dan teman berkumpul untuk merayakan dan memberikan hadiah berupa uang, mainan, dan baju baru, yang sering diberikan kepada anak-anak.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman melakukan salat Idul Fitri di Masjidil Haram di Makkah. Ritual ini diikuti dengan agenda lanjutan yang diselenggarakan oleh Penjaga Dua Masjid Suci di mana ia menyambut para syekh dan pejabat yang menawarkan salam Idulfitri mereka.



Komentar
Banner
Banner