Bangunan Bersejarah

Masjid Laweyan Solo, Dibangun dari Bekas Bangunan Pura

Sebuah bangunan masjid berwarna hijau yang berada di Jalan Liris No. 1 Belukan, Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo ini dulunya adalah sebuah bangunan pura.

Featured-Image
Tampak depan bangunan Masjid Laweyan yang masih mempertahankan keasliannya. Foto : apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Masjid Laweyan yang berada di Jalan Liris No. 1 Belukan, Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo adalah masjid tertua di kota ini. Menariknya, masjid seluas 580 meter ini sebelumnya adalah bangunan pura.

Menurut penuturan Muhammad Nugroho, Humas Masjid Laweyan, masjid ini didirikan pada tahun 1546.

Berdirinya masjid ini tidak terlepas dari persahabatan antara Ki Ageng Henis dengan Ki Ageng Beluk. Keduanya merupakan tokoh agama berpengaruh di zamannya. Khususnya di kawasan Laweyan, Solo.

Ki Ageng Henis merupakan seorang tokoh ulama di Laweyan yang berperan penting saat menyebarkan agama Islam di Kota Solo. Sedangkan Ki Ageng Beluk merupakan pemuka agama hindu di Laweyan

Bangunan Masjid Laweyan yang memiliki ciri khas anak tangga yang tinggi bekas pura di bagian pintu masuk gerbang utama masjid. (Foto: bakabar.com/Fernando)
Bangunan Masjid Laweyan yang memiliki ciri khas anak tangga yang tinggi bekas pura di bagian pintu masuk gerbang utama masjid. (Foto: bakabar.com/Fernando)

Zaman itu, Ki Ageng Henis melakukan dakwah di kawasan Laweyan menggunakan cara Sunan Kalijaga. Salah satu sunan Walisanga yang identik menggunakan blangkon tersebut melakukan dakwah dengan pendekatan budaya. Ki Ageng Henis mengadopsinya untuk masyarakat Laweyan, Solo.

"Cara yang dimaksud adalah dengan damai, tentram, dan tidak menggurui umat beragama sebelumnya," ujarnya.

Cara dakwah yang digunakan Ki Ageng Henis dengan tidak menghardik agama dan budaya sebelumnya, membuat Ki Ageng Beluk terpikat dengan sosok Ki Ageng Henis. Keduanya kemudian menjadi sahabat sebagai sesama tokoh agama di Laweyan, Solo.

Persahabatan keduanya berlangsung manis. Ki Ageng Beluk kemudian menghibahkan salah satu pura di kawasan Laweyan untuk Ki Ageng Henis. Pura tersebut, dulunya adalah sanggar yang dipakai oleh umat Hindu.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner