Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal Sediakan Pojok UMKM, Bantu Kembangkan Produk Halal

Masjid Istiqlal sediakan lahan khusus bagi pelaku UMKM untuk menjual produk. Lahan tersebut diyakini mendukung produk dalam negeri.

Featured-Image
Food and Craft, Lapak untuk UMKM di lingkungan Masjid Istiqlal. Foto: Apabahar.com/Diva

bakabar.com, JAKARTA – Masjid Istiqlal sediakan lahan khusus bagi pelaku UMKM untuk menjual produk. Lahan tersebut  diyakini mendukung produk dalam negeri.

“Saya mulai berjualan di lingkungan Istiqlal dari Desember 2022. Biasanya ramai kalau ada acara besar di Masjid,” jelas Endang (27), salah satu pedagang di Masjid Istiqlal kepada bakabar.com, Rabu (19/7).

Menurut informasi yang didapat dari para pedagang, usaha tersebut baru kembali buka setelah pandemi Covid-19. Sempat tutup akibat pendemi, sekarang pelaku UMKM kembali membuka usahanya.

Baca Juga: Masjid Luar Batang: Jejak 2 Abad Habib Husein Sebarkan Islam

Masjid Istiqlal yang dikenal sebagai rumah ibadah bagi umat muslim, sekaligus landmark terkemuka di Indonesia, banyak dikunjungi wisatawan mancanegara maupun dalam negeri. Mereka datang untuk beribadah dan mengagumi bangunan bersejarah di Jakarta ini.

Para pedagang menjual berbagai jenis makanan dan suvenir. Dengan adanya lapak UMKM yang tersedia di area masjid, hal tersebut bisa menarik perhatian para pengunjung.

“Kebanyakan kalau musim liburan, pembeli dari daerah ada, dari wilayah Jabodetabek, kebanyakan dari daerah, ziarah Walisongo yang singgah belanja di sini, pernak pernik, dan lainnya,” ujar Suliono (54).

Tersedianya lingkungan khusus pelaku UMKM ini, menjadi sebuah dukungan Kemenag RI untuk memberikan kesempatan yang luas bagi para penjual, khususnya dalam mengembangkan produk lokal yang halal.

Editor
Komentar
Banner
Banner