Pemilu 2024

Masih Bungkam Sosok Cawapres Anies, NasDem Bocorkan Kriterianya

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali enggan membicarakan siapa figur bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Anies Baswedan.

Featured-Image
Ahmad Ali NasDem. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali enggan membicarakan siapa figur bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Anies Baswedan.

Menurutnya, NasDem telah sepenuhnya memberikan mandat itu kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut untuk memilih sosok yang akan menjadi tandemnya.

"Hari ini tidak ada satu orang pun yang berhak mewakili Anies untuk mengatakan tentang kapan, di mana, siapa cawapres, kapan diumumkan, selain Anies Baswedan," ujarnya pada wartawan di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (13/7). Kemarin. 

Baca Juga: Anies Tak Bahas Politik dengan Ganjar saat Bertemu di Makkah

Meski sungkan untuk memberikan nama, dirinya lebih memilih untuk membocorkan kriteria atau 'syarat' figur yang akan mendampingi Anies di Pemilu 2024.

"Ya, sampai hari ini, NasDem tidak tertarik berbicara tentang siapa figur yang ideal untuk mendampingi Mas Anies. Partai NasDem lebih tertarik bicara tentang kriteria figur yang akan mendampingi Mas Anies," tukasnya.

Adapun kriteria pertama, calon wakil presiden pendampingi Anies Baswedan haruslah orang yang bisa membantu pemenangan di Pemilu mendatang.

"Wakil presiden itu adalah orang yang bisa membantu pemenangan atau perolehan suara. Sehingga demikian maka dia tidak boleh wakil presiden yang diambil," bebernya.

Baca Juga: Jemput Kepulangan Haji, AHY Tagih Janji Anies Umumkan Cawapres

Selain mampu mendulang suara, ia menyebut kriteria kedua, figur tersebut harus mampu menjaga keseimbangan koalisi.

"Ketiga, calon wakil presiden adalah orang yang bisa membantu presiden melaksanakan visi misinya ketika terpilih menjadi presiden. Tiga kriteria itu yang harus kita coba breakdown," pungkasnya.

Sebagai informasi, beberapa nama seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Yenny Wahid hingga Khofifah Indar Parawansa santer digadang menjadi sosok yang pas sebagai pendamping Anies di pesta politik mendatang.

Editor


Komentar
Banner
Banner