Tak Berkategori

Mardani H Maming Usung Konsep Membangun Ekonomi Daerah, Ekonom: Relevan dengan Kondisi Ekonomi Global

apahabar.com, BANJARMASIN – Ekonom Kalimantan Selatan (Kalsel), Dr H Mohammad Zainul SE MM mendukung penuh Mardani…

Featured-Image
Calon Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming. Foto-dok

bakabar.com, BANJARMASIN – Ekonom Kalimantan Selatan (Kalsel), Dr H Mohammad Zainul SE MM mendukung penuh Mardani H Maming, yang mencalonkan diri sebagai ketua umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi).

“Melihat latar belakang beliau sebagai pengusaha yang cukup terkemuka di Kalimantan Selatan dan pengalamannya menjadi Bupati selama dua periode, saya kira Mardani H Maming memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menjadi Ketua BPP HIPMI,” ucap Pengamat Ekonomi Universitas Islam Kalimantan (Uniska) ini kepada bakabar.com, Jumat (14/06/2019).

Sebagai pengusaha, kata dia, Mardani H Maming sangat mengetahui problematika yang dihadapi oleh kalangan pengusaha.

Dengan berbekal pengalaman sebagai mantan bupati, sudah tentu Mardani H Maming memiliki pemikiran untuk membuat sebuah kebijakan yang dapat membantu dunia usaha dalam mengembangkan bisnis.

“Sekarang tinggal bagaimana beliau mampu meyakinkan anggota Hipmi agar mau memilih,” tegasnya.

Keuntungan apabila putera daerah sebagai Ketua BPP HIPMI, sambung dia, pastinya bisa mengajak kalangan pengusaha untuk berinvestasi di Kalimantan Selatan (Kalsel). Kemudian, bisa menjembatani antara pengusaha Kalsel dengan pengusaha di luar Kalsel.

“Sehingga, jaringan bisnis yang dilakoni oleh pengusaha Kalsel bisa terbuka secara luas baik di level nasional maupun internasional,” cetusnya.

“Apalagi, beliau dekat dengan pemerintah pusat. Beliau juga kader PDIP sangat mudah untuk itu,” lanjutnya.

Konsep 'Bersinergi Membangun Ekonomi Daerah" yang diprogramkan oleh Mardani H Maming di perebutkan kursi Ketua BPP HIPMI, tambah dia, sangat sesuai dengan kondisi ekonomi global terkini.

Mengingat ekonomi global saat ini belum begitu membaik, sehingga pemerintah daerah harus mampu mendorong agar usaha kecil menengah bisa terus maju dan berkembang dengan baik agar lapangan pekerjaan bisa lebih terbuka.

Sektor pertambangan khususnya batubara, ujar dia, untuk sementara belum bisa diharapkan. Lantaran pasar luar negeri masih lesu. Ditambah daya serap tenaga kerja juga terbatas.

“Harus diakui bahwa kontribusi yang paling besar dalam menciptakan lapangan kerja selama ini adalah sektor usaha kecil menengah,” cetusnya.

Sayangnya, tingkat suku bunga bank sekarang masih relatif tinggi yaitu sekitar 7-8 persen. Adapun upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah dan HIPMI untuk memajukan usaha kecil menengah yaitu peningkatan kualitas SDM, akses permodalan yang lebih mudah, akses pasar yang lebih mudah dan pemanfaatan teknologi yang lebih baik.

Baca Juga: Hipmi Apresiasi Presiden Jokowi atas Komitmennya Terhadap Dunia Usaha

Baca Juga: Caketum BPP HIPMI Mardani H Maming, Langkah Awal Bangkitnya Tokoh Banua di Kancah Nasional

Baca Juga: Mantan Wakil Ketua Kadin Pusat Dukung Mardani H Maming sebagai Ketum BPP HIPMI

Baca Juga: Ketua BPD HIPMI Kalsel: HIPMI se-Kalimantan Satu Suara Dukung Mardani H Maming

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner