Cuka Apel

Manfaat Asamnya Cuka Apel, Menurunkan Berat Badan hingga Gula Darah

Cuka apel, Apple cider vinegar (ACV) adalah cairan fermentasi yang terbuat dari sari apel. Manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak.

Featured-Image
Apple cider vinegar atau cuka sari apel, memiliki manfaat untuk kesehatan. Foto: Healthline

bakabar.com, JAKARTA - Cuka apel, Apple cider vinegar (ACV) adalah cairan fermentasi yang terbuat dari sari apel. Manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak. 

Cuka apel memiliki kandungan yang bersifat antimikroba. Serta antioksidan yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan.

Adapun proses pembuatannya melalui fermentasi sari apel, yang membentuk asam asetat (bahan utama cuka), dan mengubah gula menjadi asam alkohol.

Dari segi rasa, cuka apel memiliki rasa asam yang kuat dengan sedikit sensasi apel di dalamnya. Melansir Healthline, dibalik rasa asamnya, ternyata ACV memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Menjaga Kadar Gula Darah dan Diabetes

Dalam studi tahun 2013 dari Journal of Functional Foods, menunjukkan bahwa minum cuka sari apel sebelum makan dapat mengurangi lonjakan gula darah dan menjaga kadar gula tetap stabil.

Terlebih dalam studi tahun 2014 menunjukkan cuka sari apel dapat membantu mengurangi diabetes dan mencegah penyakit kardiovaskular karena aktivitas antioksidannya.

Cuka sari apel mengandung polifenol tingkat tinggi yang disebut asam klorogenat, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menghambat oksidasi kolesterol jahat LDL.

Menyehatkan Jantung

Serangan jantung adalah salah satu penyebab utama kematian. Tinjauan penelitian pada 2020 mencatat bahwa cuka sari apel bermanfaat bagi kolestrol dan menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan Berat Badan

Cuka apel dipercaya dapat mendukung penurunan berat badan. Hal ini juga diimbangi dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat.

Meminumnya sebelum makan dipercaya dapat meningkatkan rasa kenyang, dan mengontrol porsi sehingga berpotensi menyebabkan sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Beberapa orang menggunakan ACV sebagai obat untuk kondisi kulit kering dan eksim. Diketahui dapat menyeimbangkan pH alami pada kulit dan meningkatkan pelindungan kulit.

Dengan ACV yang diencerkan menjadi sabun pembersih atau toner. Namun hal ini masih bersifat kontroversial, karena dapat menyebabkan iritasi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terkait terlebih dahulu.

Tips Mengonsumsi Cuka Apel

Olahan minuman dari sari cuka apel - apahabar
Olahan minuman dari sari cuka apel. Foto: MyMed

Meminum cuka apel dianjurkan menggunakan satu sendok makan dan encerkan dalam 240 ml air, mengonsumsinya pun tidak boleh lebih dari dua hari sekali.

Jessica Cording, seorang penulis buku kesehatan mengatakan, meminum cuka apel tidak dapat secara langsung, karena memiliki tingkat keasaman ACV cukup tinggi dan dapat mengiritasi tenggorokan serta mengikis enamel gigi.

Jika kamu tidak bisa meminum cuka dan asam, pertimbangkan untuk memasukan ke dalam makanan. Dengan menaburkan ACV dan minyak zaitun pada salad atau makanan lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner