Pemkab HSS

Mal Pelayanan Publik Digital HSS Terpilih Sebagai Percontohan Nasional

HSS terpilih salah satu diantara 21 kabupaten dan kota se-Indonesia sebagai pilot project atau percontohan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital Nasional.

Featured-Image
Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor bersama Kepala Dinas PMPTSP HSS Elyani Yustika saat soft launching MPP Digital Nasional. Foto: Prokopim Setda HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Hulu Sungai Selatan (HSS) terpilih salah satu diantara 21 kabupaten dan kota se-Indonesia sebagai pilot project atau percontohan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital Nasional.

Hal ini diumumkan saat Soft Launching MPP Digital Nasional di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia yang dihadiri Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor bersama Kepala Dinas PMPTSP Elyani Yustika, Selasa (20/6/2023).

Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor mengucapkan syukur dan terima kasih HSS sebagai salah satu pilot project serta akan terus berusaha menyukseskan program dari pemerintah pusat tersebut.

"Alhamdulilah kita termasuk dalam 21 kabupaten di indonesia yang menjadi pilot project MPP Digital," kata Sekda Muhammad Noor.

Kabupaten HSS sudah mulai menerapkan MPP Digital dengan fokus kependudukan, dibuktikan dengan penggunaan KTP Digital mencapai 10.000.

"Bagi warga yang belum, bisa mendaftarkan kependudukan secara digital agar nantinya data tersebut bisa mempermudah dalam melakukan fasilitas pelayanan yang akan kita lakukan," lanjutnya. 

Terpisah, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa MPP Digital merupakan transformasi digital pelayanan publik agar dapat memberikan layanan efektif kepada masyarakat.

"Sesuai arahan Presiden dan Wapres, integrasi dan keterpaduan layanan digital harus dilakukan agar semuanya simpel serta tak bikin bingung rakyat," paparnya.

MPP Digital menggunakan skema single sign-on sehingga masyarakat dapat mengakses semua layanan hanya dengan menggunakan satu akun dan cukup sekali mengunggah dokumen persyaratan layanan. 

"Melalui penyederhanaan proses bisnis dapat mewujudkan pelayanan yang lebih sederhana, mudah, dan cepat," tandasnya.

MPP Digital telah beroperasi pada 21 daerah yang tersebar 6 di kabupaten dan kota Pulau Sumatera, 11 di kabupaten kota Jawa, 3 Kalimantan, dan 1 kabupaten di Pulau Sulawesi.

Rinciannya, yaitu Banyuwangi, Banyumas, Brebes, Grobogan, HSS, Kotawaringin, Magetan, Musi Rawas, Sragen, Tuban, Banda Aceh, Batam, Bukittinggi, Kendari, Magelang, Metro, Mojokerto, Samarinda, Surakarta, Tanjung Pinang, serta Yogyakarta.

Editor


Komentar
Banner
Banner