Borneo Hits

Maksimalkan Peran Wakil Rakyat, Anggota DPRD Palangka Raya Ikuti Orientasi

Orientasi wajib diikuti anggota dewan yang baru dilantik, untuk memperkuat pemahaman terhadap tugas pokok, fungsi, dan kewajiban sebagai wakil rakyat.

Featured-Image
PEMBUKAAN Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah Tahun 2024.(Foto: MMC Kalteng)

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah memfasilitasi orientasi untuk anggota DPRD yang baru dilantik. Orientasi tahap pertama yang dilaksanakan pada 10-13 September 2024 diikuti anggota DPRD Kota Palangka Raya, DPRD Kabupaten Kapuas dan Katingan.

Ketua sementara DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasery, mengatakan, orientasi ini wajib diikuti oleh anggota dewan yang baru dilantik, sebagai langkah untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap tugas pokok, fungsi, dan kewajiban sebagai wakil rakyat. 

“Lantaran, orientasi ini penting untuk memaksimalkan peran kami di masa depan,” ujar politisi Partai Golkar tersebut, Jumat (13/9/2024).

 Ia menambahkan bahwa orientasi ini sangat membantu, terutama bagi anggota DPRD yang baru terpilih, agar memahami peran serta kapasitas mereka dalam menjalankan amanah sebagai wakil rakyat. 

 ‘’Ada 30 anggota DPRD Palangka Raya yang mengikuti orientasi ini,’’ ujarnya, sebagaimana dilansir mediadayak.id.

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas, para anggota dewan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, yang menjadi dasar dalam menjalankan fungsi legislatif.

Khemal berharap bahwa melalui orientasi ini, para anggota DPRD dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam menyerap aspirasi masyarakat serta menjunjung tinggi acuan hukum yang berlaku.

“Hal ini diharapkan mampu memaksimalkan kontribusi mereka dalam proses pembangunan daerah, sekaligus menjadi perwakilan rakyat yang lebih responsif dan profesional dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.(*)

Editor


Komentar
Banner
Banner