Tak Berkategori

Makan Siang Tanpa Karbohidrat Turunkan Berat Badan, Benarkah?

apahabar.com, BANJARMASIN – Makan siang tanpa karbohidrat apakah bisa menurunkan berat badan? Memang mengurangi asupan karbohidrat…

Featured-Image
Makan siang tanpa karbohidrat apakah bisa menurunkan berat badan? Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Makan siang tanpa karbohidrat apakah bisa menurunkan berat badan?
Memang mengurangi asupan karbohidrat adalah salah satu hal yang pertama kali dilakukan kebanyakan orang saat ingin menurunkan berat badan. Mengingat banyaknya anggapan bahwa karbohidrat menjadi penyebab utama kenaikan berat badan.

Maka dari itu, tidak sedikit masyarakat yang menghindari karbohidrat setelah makan siang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.
Namun, ternyata tidak sepenuhnya anggapan itu benar. Sebab, karbohidrat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menyediakan energi, yang mana tanpa karbohidrat penurunan berat badan menjadi sulit.

Dilansir dari laman Times of India, karbohidrat adalah makronutrien penting yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Saat kita memikirkan karbohidrat, kita kebanyakan fokus pada nasi.

Dilansir bakabar.com dari Viva.co.id, ada sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Versi karbohidrat yang lebih sehat tidak menyebabkan penambahan berat badan.

Pada akhirnya, karbohidrat dapat meningkatkan kesehatan usus dan membantu pergerakan usus yang mudah. Konsep membatasi karbohidrat setelah pukul 6 sore bukanlah hal baru.
Menurut beberapa teori, makan karbohidrat menjelang waktu tidur tidak memberi tubuh kita banyak waktu untuk mencerna makanan. Jadi semua karbohidrat yang tersisa diubah menjadi lemak saat Anda tidur.

Tapi ini sama sekali tidak benar, karbohidrat diubah menjadi glukosa, yang digunakan sebagai energi untuk menjalankan fungsi tubuh saat Anda tidur.
Masalah sebenarnya bukanlah karbohidrat, masalahnya adalah berapa banyak karbohidrat yang dikonsumsi pada suatu waktu.
Jika Anda makan sesuatu dalam jumlah banyak, itu akan memiliki beberapa efek samping, tidak peduli seberapa sehatnya jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Anda membutuhkan karbohidrat untuk mengisi bahan bakar diri sendiri di malam hari.

Tidak ada bukti kuat yang mendukung bukti bahwa menghindari karbohidrat setelah petang dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat.
Semuanya bermuara pada berapa banyak kalori yang dikonsumsi dalam sehari dan jenis makanan apa yang masuk dalam menu diet. Jika Anda mengonsumsi sumber karbohidrat yang tidak sehat, penurunan berat badan tentu akan menjadi sulit.



Komentar
Banner
Banner