Pemilu 2024

Mahfud Sebut Istilah Greenflation Gibran Receh dan Hanya Gimik

Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka dinilai songong dalam debat keempat Capres-Cawapres 2024. Dia menunjukan sikap kurang elegan dengan menghardik lawan-lawan de

Featured-Image
Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming mengenakan jam tangan kayu buatan lokal di Debat Cawapres keempat. Foto: apahabar

bakabar.com, JAKARTA - Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka dinilai songong dalam debat keempat Capres-Cawapres 2024. Dia menunjukan sikap kurang elegan dengan menghardik lawan-lawan debatnya dengan cara yang kurang elegan.

Sikap yang ditunjukan Gibran ini, dinilai cawapres 03 Mahfud Md sebagai sebuah sebagai sebuah serangan yang tidak berkualitas. Apalagi soal istilah inflasi hijau atau greenflation yang dianggap receh dan hanya gimik

"Soal pertanyaan receh itu, bagian dari gimik saja," ujar Mahfud di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Baca Juga: Tak Singgung Gibran, Cak Imin: Mahfud MD Teman Berpikir Selama Debat

Mahfud menilai Gibran melontarkan pertanyaan gimik yang kemudian dianggap bukan itu pertanyaannya. Padahal, menurut Mahfud, dirinya sudah mengemukakan bahwa jawabannya sangat receh.

"Saya bilang, saya kembali kan, sudah waktu serahkan ke moderator. Tidak ada gunanya, debat kayak begini. Itu bagian gimik saja dari debat," jelasnya.

Ditanya soal komitmen Mahfud terkait greenflation, Mahfud mengaku bahwa dirinya bukan tak mau menjawab pertanyaan itu dengan benar. Justru Mahfud melihat Gibran tak mengerti konsep greenflation. Gibran hanya menilai jawaban yang tak sesuai ekspektasinya.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Unggul di Survei, Politisi PDIP: Rakyat Tahu Mana Gimick dan Asli

Oleh karena itu, dia mengembalikan sesi tersebut kepada moderator agar tak dilanjutkan. "Karena masalahnya sudah dijawab, lalu dibilang belum dijawab kan itu hanya gimik saja," kata Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud mengungkapkan greenflation memiliki arti ekonomi hijau dan menemrangkan alurnya.

"Untuk mengatasi inflasi hijau, apa sih inflasi hijau? kan ekonomi hijau, Ekonomi hijau itu adalah ekonomi sirkuler. Di mana sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi, pangan misalnya, atau apa, produksi apapun diproduksi, kemudian dimanfaatkan, di-recycle, bukan dibuat," kata Mahfud dalam debat itu.

Baca Juga: Bicara Sirkular Ekonomi, Mahfud MD: Saya Bangga Jadi Orang Madura

Meski demikian Gibran menyebut jawaban Mahfud tidak menjawab soal inflasi hijau.

"Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari di mana ini jawabannya? Kok gak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau, kok malah menjelaskan ekonomi hijau, Prof Mahfud yang namanya greenflation itu, inflasi hijau itu," kata Gibran.

Untuk diketahui, greenflation atau inflasi hijau merupakan singkatan dari dua kata yakni green (hijau) dan inflation (inflasi) yang artinya kenaikan harga bahan baku dan energi sebagai bagian dari transisi menuju penggunaan energi ramah lingkungan.

Editor


Komentar
Banner
Banner