Eksperimen Sosial

Magdalene dan ILO Bikin Video Eksperimen Sosial Kerja Perawatan

Magdalene sebuah media yang berfokus tentang perempuan bekerja sama dengan International Labour Organization (ILO) Buat Eksperimen Sosial Kerja Perawatan.

Featured-Image
Magdalene bekerja sama dengan International Labour Organization (ILO) membuat eksperimen sosial mengenai kerja perawatan. Foto: Instagram @magdaleneid

bakabar.com, JAKARTA – Magdalene, media yang berfokus tentang perempuan bersama International Labour Organization (ILO) atau organisasi buruh internasional, membuat eksperimen sosial kerja perawatan.

Eksperiman itu dilakukan karena adanya pertanyaan seberapa banyak waktu yang dihabiskan perempuan untuk melakukan kerja-kerja perawatan? Jika divaluasi, seberapa besar nilai dari kerja-kerja perawatan tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mendasari eksperimen sosial yang dilakukan mereka pada akhir tahun 2023.

Eksperimen sosial itu diproduksi menjadi sebuah film dokumenter pendek, yang diputar di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (18/1).

Baca Juga: Pengusaha Spa Kompak Tolak Pajak Hiburan 40-75 Persen!

Film tersebut mendokumentasikan eksperimen sosial yang dilakukan lima partisipan perempuan dengan latar beragam.

Selama satu minggu, mereka mencatatkan kerja-kerja perawatan dan pengasuhan yang mereka lakukan di rumah tangga mereka, termasuk mengurus anak, orang tua lansia, serta kerja domestik lainya.

Hasil dari pencatatan tersebut diolah menjadi data dan dibandingkan dengan aturan jam kerja di Undang-Undang Cipta Kerja, yaitu 40 jam per minggu.

Para partisipan pun mengisi berapa pendapatan saat ini atau penghasilan terakhir jika sudah tak bekerja, untuk mendapatkan valuasi dari kerja perawatan yang mereka lakukan.

Selain mencatatkan waktu kerja perawatan yang mereka lakukan, para peserta eksperimen ini juga mendokumentasikan beragam kerja-kerja domestik yang mereka lakukan.

Baca Juga: Risiko Merokok pada Perempuan Muda, Awas Serangan Jantung Mematikan!

Pemutaran film eksperimen sosial ini dilanjutkan dengan diskusi bersama pihak-pihak terkait.

Hadir juga dalam diskusi Eko Novi Ariyanti, Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Sosial dan Budaya di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Lalu Diahhadi Setyonaluri, Peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat di Universitas Indonesia; dan Wita Krisanti, Executive Director Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE).

Berikut Film Pendek Eksperimen Sosial Kerja Perawatan

Editor


Komentar
Banner
Banner