Sport

Maaf Timnas Indonesia, Thailand Juara Piala AFF Lagi

Untuk kali kesekian, Timnas Thailand menjadi juara Piala AFF. Gelar ini dipastikan dengan menekuk Vietnam dengan skor 1-0 di final leg kedua

Featured-Image
Thailand kembali menjadi juara Piala AFF, setelah menekuk Vietnam dengan agregat 3-2 di final edisi 2022. Foto: Bola

bakabar.com, JAKARTA - Untuk kali kesekian, Timnas Thailand menjadi juara Piala AFF. Gelar terkini dipastikan dengan menekuk Vietnam llewat skor 1-0 di final leg kedua di Stadion Thammasat, Senin (16/1) malam.

Kemenangan tersebut membuat Thailand unggul agregat 3-2. Sebelumnya dalam leg pertama, Si Gajah Perang pulang dengan skor 2-2 dari Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (13/1).

Adapun gol yang menjadi penentu kemenangan Thailand di leg kedua final Piala AFF 2022, dicetak Theerathon Bunmathan di menit 24.

Menerima umpan Adisak Kraison, kapten Timnas Thailand itu melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti.

Meski menggunakan kaki terlemah, bola hasil tendangan Theerathon bersarang di pojok kanan gawang, tanpa bisa diantisipasi kiper Dang Van Lam.

Vietnam bukan tanpa perlawanan. Mereka nyaris menyamakan kedudukan di menit 29, andai penyelesaian Tien Linh tidak menyamping di sisi kanan gawang.

Memasuki babak kedua, Vietnam tampil lebih agresif. Skuad arahan Park Hang Seo ini lebih banyak menguasai bola hingga memaksa Thailand bermain menunggu.

Vietnam nyaris menciptakan gol penyeimbang lagi di menit 48. Nguyen Hoang Duc melepaskan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti, tetapi masih melenceng tipis.

Thailand juga tak tinggal diam. Sejumlah serangan balik cepat mampu dikreasikan. Situasi ini membuat Vietnam sedikit menahan diri untuk menyerang frontal.

Akhirnya hingga pertandingan selesai, Thailand tetap berhasil mempertahankan keunggulan.

Thailand pun resmi menyandang gelar ketujuh di Piala AFF, sekaligus menasbihkan diri sebagai penguasa tunggal kejuaraan sepakbola antarnegara ASEAN ini.

Sementara Vietnam gagal menambah koleksi gelar yang tetap berjumlah 2 trofi. Mereka masih kalah banyak dari Singapura yang mengoleksi 4 gelar.

Adapun Timnas Indonesia tetap tidak mampu berbicara banyak di Piala AFF. Diketahui Garuda dikandaskan Vietnam dengan agregat 0-2 di semifinal.

Editor


Komentar
Banner
Banner