Sport

Lolos ke Perempat Final, Denmark Bisa Ulangi Sensasi 1992

apahabar.com, JAKARTA – Kembali meledak di momen menentukan, Denmark bisa saja mengulang sensasi di Euro 1992….

Featured-Image
Lewat kemenangan telak, Denmark mengalahkan Wales untuk menjadi negara pertama di perempat final Euro 2020. Foto: Sport Stars

bakabar.com, JAKARTA - Kembali meledak di momen menentukan, Denmark bisa saja mengulang sensasi di Euro 1992.

Denmark menjadi negara pertama yang berhasil lolos ke perempat final Euro 2020, Minggu (27/6). Mereka lolos dengan menghajar Wales di Johan Cruyff Arena, Amsterdam.

Kasper Dolberg memborong dua gol Denmark di menit 27 dan 48, sebelum ditambah Joakim Maehle di menit 88 dan Martin Braithwaite menit 90+4.

Lolos ke perempat final, Denmark tinggal menunggu pemenang pertandingan Belanda melawan Republik Ceko yang digelar, Senin (28/6).

Meski masih panjang, pencapaian Denmark sekarang seakan mengingatkan sepak terjang mereka ketika menjuarai Euro 1992.

Denmark sendiri hanya hadir di Euro 1992 sebagai pengganti Yugoslavia yang batal berpartisipasi, karena didiskualifikasi akibat perang saudara.

Denmark tampak seperti hanya akan menjadi penggembira dengan gagal mencetak gol dan menjadi juru kunci Grup 1 di akhir matchday kedua Euro 1992 dengan 1 poin

Lantas di matchday terakhir melawan Prancis, Denmark lantas meledak. Gol-gol dari Henrik Larsen dan Lars Elstrup membawa Denmark menang 2-1.

Denmark lolos ke semifinal dengan tiba-tiba menjadi runner up Grup 1. Sejarah kemudian mencatat mereka meledak dua kali lagi untuk membuat kejutan.

Setelah menyingkirkan juara bertahan Belanda di semifinal melalui adu penalti, Denmark mengalahkan Jerman 2-0 di final untuk menjadi juara Euro 1992.

Peristiwa di Euro 1992 itulah yang melahirkan julukan Dinamit untuk Timnas Denmark.

Uniknya jalan Denmark di Euro 2020 mirip-mirip dengan 29 tahun lalu. Mereka juga sudah hampir tersingkir dengan hanya menjadi juru kunci klasemen Grup B Euro 2020.

Denmark kalah 0-1 dari Finlandia dan 1-2 dari Belgia, lalu lolos ke babak 16 besar berkat kemenangan 4-1 atas Rusia.

Kelolosan Denmark juga terbantu kemenangan Belgia atas Finlandia, persis 29 tahun lalu ketika mereka terbantu kemenangan Swedia atas Inggris.



Komentar
Banner
Banner