Sport

Lawan Taiwan di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia Diunggulkan

apahabar.com, JAKARTA – Jelang playoff kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia diunggulkan mampu mengalahkan Taiwan dalam…

Featured-Image
Timnas Indonesia segera menghadapi Taiwan yang dilanda masalah internal di leg pertama playoff kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: CNN

bakabar.com, JAKARTA – Jelang playoff kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia diunggulkan mampu mengalahkan Taiwan dalam pertandingan dua leg di Stadion Buriram, Thailand.

Pertandingan leg pertama akan berlangsung, Kamis (7/10) sore. Perjuangan Timnas Indonesia juga disiarkan langsung melalui Indosiar dan live streaming di vidio.com mulai pukul 19.30 Wita.

Untuk melakoni leg pertama, pelatih Shin Tae-yong memanggil total 30 pemain. 5 di antaranya merumput di luar negeri, yakni Ryuji Utomo, Witan Sulaeman, Egy Maulana, Asnawi Mangkualam dan Syahrian Abimanyu.

Awalnya Shin Tae-yong memanggil 6 pemain yang bermain di luar negeri. Namun Saddil Ramdani yang membela Sabah FC, tak bisa bergabung akibat cedera dan akhirnya digantikan Rizky Ridho dari Persebaya.

Dengan materi pemain yang dibawa, Timnas Indonesia cukup diunggulkan. Terlebih Taiwan sedang dilanda masalah internal dan hanya membawa 18 pemain.

Asosiasi Sepakbola Taiwan (CTFA) baru saja mengungkap kasus indisipliner yang dilakukan pemain dan pelatih dalam pemusatan latihan. Mereka ketahuan melanggar protokol kesegatan dan berpesta miras.

Akibatnya CTFA harus mencoret pelatih kepala Henry Von, serta empat pemain Chen Haowei, Bai Shaoyu, Duan Zhu, dan Yu Jiahuang.

Seperti dilansir CNN, hanya 5 dari 18 pemain telah menyumbang gol untuk Taiwan. Mereka adalah Chen Ting Yang, Lin Cheng Yi, Wu Chun Ching, Lin Chang Jun, dan Li Mao.

Chun Ching merupakan pemain kunci Taiwan, serta orang ketiga dengan caps terbanyak dan tersubur sepanjang masa Taiwan. Tampil sebanyak 53 kali, Chung Ching mencetak 11 gol.

Selain komposisi pemain, Indonesia unggul rekor head to head atas Taiwan. Dari 12 pertemuan, Garuda meraih 8 kemenangan dan hanya 4 kekalahan.

Dari pertemuan tersebut, Indonesia mencatakan 26 gol dan kebobolan 13 gol. Kalau dibuat rata-rata, Indonesia berhasil membuat lebih dari 2 gol dan kemakan 1 gol per pertandingan.

Meski masih ada leg kedua, kemenangan di leg pertama dipastikan mengangkat moral Timnas Indonesia untuk melangkah ke babak ketiga kualifikasi.

Babak ketiga kualifikasi akan diikuti 24 negara, termasuk 2 negara yang harus melewati playoff. Selanjutnya 24 negara ini dibagi menjadi enam grup dengan masing-masing grup diisi 4 negara.

Selanjutnya juara dan lima runner up terbaik grup atau total 11 negara, berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

11 negara tersebut melengkapi 13 negara yang lebih dulu menyegel tempat di putaran final di China, 16 Juni hingga 16 Juli 2023.



Komentar
Banner
Banner