Peristiwa & Hukum

Lahan di Binjai Pirua Kembali Terbakar, Total Karhutla HST Capai 15,75 Hektare

Tim Posko Gabungan bersama-sama memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Binjai Pirua, Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Featured-Image
Proses Pemadaman api di Desa Binjai Pirua HST. Foto: BPBD HST

bakabar.com, BARABAI - Tim Posko Gabungan bersama-sama memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Binjai Pirua, Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Kepala BPBD HST, Budi Haryanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran lahan tersebut.

"Benar, kita mendapatkan informasi dari masyarakat dan tim Posko Gabungan langsung menuju titik lokasi untuk melakukan pemadaman," jelasnya.

Budi mengatakan jenis lahan yang terbakar adalah semak belukar dengan luas kurang lebih tiga hektare.

"Api langsung dipadamkan tim Posko Gabungan dan faktor penyebab terjadinya semak belukar tersebut yakni faktor non-alam," lanjutnya.

Untuk diketahui kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten HST, total per Senin (14/8/2023) mencapai 15,75 hektare dari 141 titik panas yang terdeteksi.

Ratusan titik panas tersebut tersebar di delapan dari 11 Kecamatan se-HST dengan rincian; Kecamatan Labuan Amas Utara 10 titik; Hantakan 30 titik dengan lahan terbakar 3 hektare; Labuan Amas Selatan 36 titik dengan lahan terbakar 7,5 hektare; Haruyan sembilan titik; Pandawan 19 titik dengan luas lahan terbakar 0,5 hektar; Barabai dua titik dengan luas lahan terbakar 0,75 hektare; Batang Alai Utara terdeteksi tujuh titik dengan lahan terbakar empat hektare; terakhir Batang Alai Timur sebanyak 25 titik.

Editor


Komentar
Banner
Banner