Kalteng

Lagi, Ribuan Hewan Piaraan Warga di Kapuas Divaksin Rabies

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalteng melalui bidang peternakan kembali menggalakan vaksinasi rabies…

Featured-Image
Kasi kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, drh Anik Ariswandani saat melakukan penyuntikan vaksin rabies terhadap hewan piaraan warga. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalteng melalui bidang peternakan kembali menggalakan vaksinasi rabies di daerah setempat.

Penyuntikan vaksin dilakukan pada hewan piaraan masyarakat seperti anjing dan kucing guna mencegah dan mengantisipasi penularan penyakit rabies.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Yaya melalui Kasi Kesehatan Hewan, drh Anik Ariswandani mengatakan, target vaksinasi rabies tahun ini sebanyak 1.500 dosis vaksin.

“Targetnya 1.500 dosis baik untuk anjing dan kucing hewan peliharaan masyarakat di beberapa kecamatan di Kabupaten Kapuas,” katanya kepada bakabar.com, Senin (26/9) malam.

Anik bilang, sejauh ini ada sekitar 1.000 ekor hewan di beberapa kecamatan yang sudah mereka vaksinasi rabies, seperti Kecamatan Basarang, Mantangai, Kapuas Hilir dan Kecamatan Kapuas Barat.

Diakui Anik adanya beberapa kendala dalam kegiatan vaksinasi, pertama karena hewan peliharaan yang liar dan susah ditangkap.

“Dan masih adanya pemilik ternak yang belum sadar pentingnya vaksinasi sehingga menolak hewan piaraannya divaksin rabies,” ujarnya.

Kasi kesehatan hewan Dinas Pertanian Kapuas ini pun mengharapkan, para pemilik hewan lebih peduli kepada hewan piaraannya dengan tidak membiarkan hewannya liar berkeliaran.

“Selain itu memberikan vaksinasi rabies rutin setiap tahunnya. Karena tujuan vaksinasi untuk memberantas penyakit rabies,” pungkas Anik.



Komentar
Banner
Banner