News

Kunjungi Seoul, Jokowi Dorong Investasi Korsel untuk IKN dan Percepatan Mobil Listrik

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Seok-yeol. (foto: dok. Sekretariat Presiden)

bakabar.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Seok-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Kamis (28/7).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mendorong peningkatan kerja sama dengan Korsel untuk berinvestasi di Indonesia, terutama di bidang percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik. Serta kerja sama dalam pembangunan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Dalam pertemuan dengan Presiden Yoon, secara khusus saya mendorong kerja sama investasi dari Korea terutama di bidang percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia, termasuk proyek industri baterai terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik,” kata Jokowi melalui siaran Youtube Sekretariat Presiden, Kamis.

Jokowi mengatakan, Indonesia-Korea Selatan juga telah memulai kerja sama dalam pengembangan IKN, antara lain kerja sama di bidang pembangunan sistem penyediaan air minum dan capacity building di bidang pembangunan smart city.

“Saya menyambut baik penandatanganan MoU antara Kementerian Investasi POSCO Korea dan Krakatau Steel Indonesia terkait dengan investasi di bidang industri baja otomotif untuk kendaraan listrik dan partisipasi dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

BACA JUGA: Kunjungan Jokowi ke Korsel Hasilkan 4 Kerjasama Strategis untuk Pengembangan IKN

Presiden ketujuh ini menyebut, total nilai investasi dari Korsel di Indonesia secara keseluruhan mencapai 6,37 miliar dolar AS atau sekitar Rp 95,12 triliun dan akan menyerap lebih dari 58 ribu tenaga kerja.

Pria nomor satu di Indonesia tersebut juga mengapresiasi dukungan Korsel bagi Presidensi G20 Indonesia yang akan digelar di Bali pada November 2022 mendatang. Jokowi juga berharap agar Presiden Yoon bisa turut hadir acara tersebut.

“Saya mengapresiasi dukungan Korea Selatan bagi Presidensi Indonesia di G20 tahun ini dan menantikan kehadiran Presiden Yoon di Bali di bulan November yang akan datang,” tutup Jokowi.

(Adit)’

Komentar
Banner
Banner