Sepak bola nasional

Kualitas Wasit Indonesia Menurun, Nova Arianto: VAR Sangat Dibutuhkan

Nova Arianto selaku asisten pelatih Timnas Indonesia dan mantan pemain sepak bola tanah air berpendapat bahwa kualitas wasit Indonesia menurun

Featured-Image
Nova Arianto Ungkap Kualitas Wasit Indonesia Menurun (Sumber: X/SenimanBola)

bakabar.com, JAKARTA - Nova Arianto selaku asisten pelatih Timnas Indonesia dan mantan pemain sepak bola tanah air berpendapat bahwa kualitas wasit Indonesia menurun. 

Menurut eks pemain timnas itu, saat ini kondisi kualitas wasit Indonesia memiliki penurunan dalam segi pengambilan keputusan dalam pertandingan. 

Tidak hanya itu, ia juga menghimbau kepada pihak terkait untuk melakukan perbaikan atas kinerja wasit Indonesia. 

"Pastinya harus adanya perbaikan dari wasit karena saya lihat saat ini banyak keputusan-keputusan yang masih salah," ungkap Nova Arianto saat dihubungi bakabar.com (23/10). 

Baca Juga: Persiba Ditahan Imbang Persipal, Nil Maizar Kritik Kinerja Wasit

Selain itu Nova Arianto menyarankan penerapan teknologi Video Assistant Refree (VAR) harus segera diterapkan guna memperjelas kondisi keputusan wasit yang menurun saat ini. 

"Saya pikir teknologi VAR sudah harus diterapkan di era sepakbola modern sekarang," jelas Nova Arianto. 

Pasalnya, belakangan ini para pecinta sepak bola Indonesia dibuat heran oleh keputusan krusial wasit saat berjalannya pertandingan. 

Salah satunya gol yang diciptakan oleh Witan Sulaiman pada pertandingan Persija Jakarta vs Rans Nusantara pada akhir pekan kemarin, Minggu (22/10).

Baca Juga: Ketum PSSI: VAR Bakal Ubah Citra Buruk Wasit Indonesia

Witan Sulaiman berhasil membobol gawang Rans United pada waktu injury time melalui sepakan keras yang menghantam mistar sebelum masuk kedalam gawang, namun wasit menganulir gol tersebut. 

Adapun saran dari Nova untuk pemilihan wasit yang tepat agar mengurangi kejadian serupa pada pertandingan sepakbola Indonesia, khususnya di Liga 1 Indonesia. 

"yang pasti harus lebih ketat dalam menyeleksi wasit agar kualitas kompetisi kita lebih meningkat," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner