Kota Baru

Kreatif, Warga Desa Hilir Kotabaru Sulap Sampah Jadi Produk Cantik Bernilai Ekonomis

apahabar.com, KOTABARU – Kreativitas warga di Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kotabaru patut diacungi…

Featured-Image
Kepala Desa Hilir Muara, Nurdin saat menunjukkan hasil olahan UMKM dari daur ulang sampah menjadi produk bernilai ekonomis. Foto: apahabar.com/Masduki

bakabar.com, KOTABARU Kreativitas warga di Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kotabaru patut diacungi jempol.

Sejak 2019, mereka sudah mampu mendaur ulang sampah dan menyulapnya menjadi sebuah kerajinan yang bernilai ekonomis.

Sejauh ini mereka sudah berhasil membuat tas kemasan, lampion, dompet, bunga, kotak tisu, dan lain-lain.

Kepala Desa Hilir Muara, Nurdin, mengatakan inovasi ini berawal dari adanya komitmen cinta kebersihan lingkungan di lingkungan masyarakatnya.

Kemudian, warga berinisiatif membentuk wadah bernama “Hilir Muara Cinta Bumi” yang tujuannya untuk membina para perajin agar makin berkembang.

“Dari situlah seluruh kreatifitas anggota dituangkan, lalu mempu menciptakan beragam olahan yang bernilai ekonomis meskipun hanya dari daur ulang sampah,” ujar Nurdin, kepada bakabar.com, Jumat (19/2).

Menurut Nurdin keberhasilan kerajinan tangan Hilir Muara juga tidak terlepas dari adanya dukungan dan pemerintah daerah dan pihak ketiga.

Dari sana, anggota UMKM telah dibantu pelatihan hingga pendampingan terkait izin usaha.

“Meski agak sepi karena pandemi, kami bersyukur produknya sudah menghasilkan uang. Intinya, ini semua berkat kesungguhan para anggota, dan dukungan pemerintah daerah, serta CSR perusahaan.

Komentar
Banner
Banner