Pemilu 2024

KPU Magelang Siapkan Surat Suara Braille dan Jemput Bola bagi Disabilitas

KPU Kota Magelang sediakan beragam fasilitas bagi pemilih disabilitas saat Pemilu 2024. Petugas juga akan menyediakan surat suara braille dan jemput bola.

Featured-Image
Persiapan untuk pemilih disabilitas Kota Magelang (Apahabar.com/Arimbi)

bakabar.com, MAGELANG - KPU Kota Magelang sediakan beragam fasilitas bagi pemilih disabilitas saat Pemilu 2024. Petugas juga akan menyediakan surat suara braille dan jemput bola.

Berdasar data, ada 714 calon pemilih disabilitas di Kota Magelang. Terdiri dari 341 disabilitas fisik, 22 disabilitas intelektual, 239 disabilitas mental, 54 disabilitas wicara, 15 disabilitas rungu, dan 43 disabilitas netra.

Karenanya, KPU akan menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) layak bagi disabilitas. Salah satu kriterianya adalah ruangan dengan akses ramah disabilitas.

Baca Juga: Ade Armando: Kaesang Tak Dicueki Megawati Saat Sungkem di KPU

Selain itu, ada surat suara braille untuk disabilitas netra. Mereka juga dipastikan akan mendapatkan pendampingan.

"Ukurannya sama, hanya saja untuk surat suara braille bisa diraba," kata Ketua KPU Kota Magelang, Misbachul Munir, Rabu (22/11).

Ketersediaan surat suara braille disambut antusias oleh para pemilih tuna netra di Kota Magelang. Sebab, mereka biasanya hanya mendapat surat suara biasa dengan pendampingan khusus.

Baca Juga: Gibran Sungkem ke Megawati di KPU, Obrolan Mereka Ternyata...

"Surat suara braille membantu kami meraba dan menentukan nomor yang mau dicoblos," kata salah satu penyandang disabilitas, Mukiran (35). 

Selain itu, pemilih disabilitas yang tidak bisa hadir ke TPS akan dibantu oleh petugas. Pemilih akan dijemput ataupun dibawakan surat suaranya ke rumah.

Editor
Komentar
Banner
Banner