Pemilu 2024

KPU Jatim Imbau Bacaleg Hindari Daftar di Hari Terakhir

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Timur mengimbau kepada para bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk mendaftarkan diri tak di penghujung

Featured-Image
Ketua Komisioner KPU Jatim Choirul Anam himbau bacaleg tidak mendaftar pada hari terakhir (12/5). Foto: apahabar.com/HanaaSeptiana

bakabar.com, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Timur mengimbau kepada para bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk mendaftarkan diri tak di penghujung masa pendaftaran, Minggu (14/5).

Sebab diprediksi bakal penuh sesak sehingga KPUD khawatir tak optimal memberikan pelayanan.

“Karena hari terakhir pasti akan crowded dan pelayanan kami kurang maksimal,” kata Ketua Komisioner KPU Jatim Choirul Anam, Jumat (12/5).

Baca Juga: PPP Daftarkan Bacaleg ke KPU Sembari Gowes Sepeda Listrik

Menurutnya KPU Jatim mencatat hingga 12 Mei 2023 pukul 10.00 WIB, ada 3 parpol yang sudah mendaftarkan bacalegnya. Yakni PDI-Perjuangan, NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Untuk DPD RI, sudah ada 9 bacaleg yang sudah mendaftar.

“Sementara parpol lainnya belum, kalau DPD kurang 6 orang lagi,” papar Anam.

Baca Juga: Hari Ini Parpol PAN dan PPP Daftarkan Bacaleg ke KPU

Ia menambahkan PAN berencana mendaftarkan bacalegnya hari ini ke KPU Jatim hari ini. Sedangkan PKB, PBB, Partai Ummat, dan Partai Gelora akan mendaftar besok

“Kami juga terus berkoordinasi di grup whatsapp dengan parpol maupun bacaleg DPD agar segera mendaftar,” ucap Anam.

Anam menambahkan, pada hari terakhir (14/5) pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 23.59 WIB. Ini berbeda dengan hari biasa, yakni pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

“Pukul 23.59 WIB kalau sudah registrasi, akan kami terima berkasnya,” tambah Anam.

Baca Juga: Targetkan 100 Kursi DPR, PAN Resmi Daftarkan 580 Bacaleg di KPU

Setelah penyerahan berkas, KPU akan memeriksa kelengkapan dokumennya. Lantas mengecek keabsahannya pada 15 hingga 23 Mei 2023.

“Kekurangan dan perbaikan akan diberi waktu tanggal 26 hingga 3 Juni 2023,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner