Pemilu 2024

Targetkan 100 Kursi DPR, PAN Resmi Daftarkan 580 Bacaleg di KPU

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendaftarkan 580 bakal calon legislatif (bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bertarung dalam gelaran Pileg

Featured-Image
Para pengurus dan kader PAN saat menyambangi Kantor KPU RI untuk mendaftarkan Bacaleg di Pemilu 2024. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendaftarkan 580 bakal calon legislatif (bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bertarung dalam gelaran Pileg 2024.

"Hari ini PAN yang bernomor urut 12 baru saja selesai mendaftarkan (bacaleg) ke KPU bersama KPUD provinsi dan kabupaten kota secara serentak di seluruh tanah air," kata Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di Gedung KPU, Jumat (12/5).

Baca Juga: Pendaftaran Bacaleg PAN di KPU Sempat Diwarnai Adu Mulut

Ia membeberkan 580 bacaleg akan didistribusikan di 38 provinsi, 514 kabupaten atau kota untuk DPR RI. Sebaran bacaleg terdiri dari 84 daerah pemilihan (dapil).

"Untuk DPRD provinsi sebanyak 301 dapil dengan jumlah caleg 2372 orang, 100 persen. Kabupaten kota di 2325 dapil dengan jumlah caleg 17.512 orang, 100 persen," ujarnya.

Baca Juga: PAN Terjunkan Zulhas Jadi Caleg Demi Rebut Suara di Jateng

Zulhas optimistis bahwa PAN dapat meraup suara signifikan dalam gelaran Pileg 2024 sehingga dapat bersaing dengan kandidat wakil rakyat yang diusung partai lain.

"Kader PAN di seluruh Tanah Air baik pusat dan provinsi kabupaten kota sekali lagi siap lahir batin bekerja, berkompetisi dengan kolega-kolega partai lain," imbuhnya.

Menteri Perdagangan ini juga menyebut bahwa bacaleg PAN mesti menjadi wakil rakyat yang dekat dengan rakyat. Maka perjuangan yang dilekatkan dalam gelaran Pileg 2014 mendatang lahir dari aspirasi rakyat.

"Namanya wakil rakyat. Mewakili rakyat. Apa yang menjadi aspirasi itulah yang akan dilakukan kader-kader caleg dari PAN sesuai slogan kami. Kita kasih karpet biru bagi siapapun yang berjuang untuk PAN," jelasnya.

Untuk itu ia menargetkan perolehan 100 kursi DPR RI dengan keterwakilan 30 persen perempuan.

Editor


Komentar
Banner
Banner