Habar Pemilu 2024

KPU HSS Ajak Masyarakat Dayak Loksado Sukseskan Pemilu 2024

Menyambut pelaksanaan Pemilu 2024 yang damai, KPU HSS melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat adat Dayak Loksado, Sabtu (23/12).

bakabar.com, KANDANGAN - Menyambut pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang damai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat adat Dayak Loksado, Sabtu (23/12).

Total 33 Damang atau Kepala adat suku Dayak Meratus Kecamatan Loksado beserta masyarakat ikut hadir dalam sosialisasi menyambut pesta demokrasi yang digelar di Balai Adat Julayan Desa Ulang Kecamatan Loksado.

Ketua KPU HSS Gusriadi, Ketua Bawaslu HSS Hasnan Fauzan, Danramil 1003-02 Padang Batung Kapten Cpl Marhani, Kapolsek Loksado Ipda Djoko Susilo Tri Cahyono, Camat serta tamu undangan lainnya juga ikut dalam kegiatan ini.

Anggota KPU HSS Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Pastiripasi Masyarakat dan SDM, Mahfuz menjelaskan bahwa sosialisasi Pemilu 2024 perlu dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya warga adat Dayak Loksado yang tinggal di wilayah Pegunungan Meratus.

"Sosialisasi ini berdasarkan SE Sekjen KPU RI Nomor 11 Tahun 2023, tujuan kita di sini mendidik sekaligus meningkatkan partisipasi bagi kaum marginal warga Adat Dayak Meratus dalam penyelenggaraan Pemilu 2024," katanya.

Sehingga diharapkan masyarakat semakin paham, ikut berpatisipasi langsung dalam pesta demokrasi penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.

Sementara itu, Danramil 1003-02 Padang Batung, Kapten Cpl Marhani mengatakan, sosialisasi langsung kepada masyarakat demi terciptanya Pemilu damai memang perlu dilakukan.

"Menurut kami ini lebih mengena karena bisa langsung bertatap muka dengan seluruh Kepala Balai atau Penghulu Adat yang ada di Loksado," katanya.

Kapten Cpl Marhani meminta kepada masyarakat dan warga Dayak Loksado agar bisa bersama menjaga keamanan, tidak mudah terprovokasi yang berakibat menimbulkan perpecahan.

Menurutnya, wilayah Loksado masuk daerah kategori tingkat sedang dalam kerawanan Pemilu 2024. Tetapi untuk distribusi logistik ada desa yang hanya bisa diakses menggunakan roda dua.

"Pengangkutan logistik di daerah Desa Haratai cuma bisa pakai roda dua. Oleh karenanya TNI dan Polri akan mengawasi serta mengawalnya," ungkap Kapten Cpl Marhani.

Pihaknya mengajak kepada seluruh pihak baik masyarakat serta semuanya untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024 yang lancar, aman dan damai.

Editor


Komentar
Banner
Banner