Nasional

KPK Borneo Kalteng Gelar Pameran Nasional Seni Rupa Selama Sepekan

Dalam rangka pelestarian budaya dan edukasi tentang karya lukis, Komunitas Perupa Kalimantan (KPK) Borneo Wilayah Kalimantan Tengah kembali menggelar pameran

Featured-Image
Seorang pelajar saat melihat karya lukisan di Pameran Nasional Seni Rupa di Gedung Taman Budaya Kalteng.

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Dalam rangka pelestarian budaya dan edukasi tentang karya lukis, Komunitas Perupa Kalimantan (KPK) Borneo Wilayah Kalimantan Tengah kembali menggelar pameran di Palangka Raya.

Pameran yang bertajuk Lintas Warna Rupa Borneo memiliki ruang lingkup nasional, karena juga dijadikan wahana sarasehan.

Adapun pameran dihelat selama sepekan mulai 24 Oktober hingga 31 Oktober 2023 di Gedung Taman Budaya Kalteng.

Tercatat 33 seniman kreatif yang berpartisipasi. Selain dari tuan rumah, mereka di antaranya datang dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Yogyakarta hingga Sulawesi Utara.

Komposisi lukisan yang dipamerkan juga terbilang lengkap. Mulai dari lukisan abstarak, realistik, religi, hingga kontemporer.

Tidak hanya memamerkan karya seni, pengujung juga dapat langsung berinteraksi dengan para seniman.

"Perkembangan seni rupa cukup baik dan bahkan banyak diminati kalangan anak muda. Bahkan tak sedikit pelukis muda yang mengikuti berbagai pameran dan lomba," papar Hardi, salah seorang pelukis Kalteng.

"Apresiasi masyarakat juga positif. Bahkan saya beberapa kali dipanggil untuk membuat mural atau lukisan dinding ke beberapa daerah seperti Palembang, Surabaya dan Banjarmasin," tuturnya.

Sementara sejumlah pelajar yang datang ke lokasi pameran, juga tidak bisa menyembunyikan kekaguman 

"Semua lukisan bagus dan menarik. Setiap gaya lukisan juga berbeda-beda dan unik," sahut Amel, pelajar SMAN 2 Palangka Raya.

"Saya juga mulai belajar melukis, terutama abstrak dan realistik. Semoga nanti juga bisa ikut memerkan lukisan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner