Hot Borneo

Kotabaru Jalin Kerja Sama Pemanfaatan Pelabuhan Transportasi Laut Antar Daerah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru resmi menjalin kerja sama pemanfaatan transportasi laut antar beberapa daerah, Kamis (17/11).

Featured-Image
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru resmi menjalin kerjasama pemanfaatan transportasi laut antar beberapa daerah. Foto-Diskominfo Kotabaru

bakabar.com, KOTABARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru resmi menjalin kerja sama pemanfaatan transportasi laut antar beberapa daerah, Kamis (17/11).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan di Aula Bukit Meranti Putih Desa Sebelimbingan Pulau Laut Utara Kotabaru.

Sejumlah daerah yang telah menjalin kerja sama itu ialah Kabupaten Paser, Kota Balik Papan, Kabupaten Bontang, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Pasang Kayu serta Kabupaten Barru.

Bupati Sayed Jafar mengucapkan selamat datang kepada para bupati beserta rombongan serta perwakilan dari Pemerintah Kota Balikpapan dan Bontang, dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Pasang Kayu serta Paser.

Selain itu ucapan serupa disampaikan kepada pihak Dinas Perhubungan dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Utara, Sulawesi Selatan serta Sulawesi Barat. 

"Momentum kali ini menjadi suatu kebahagiaan dan kehormatan bagi Kotabaru. Melalui kerja sama antar daerah dapat meningkatkan hubungan kerja terutama dalam hal pengembangan perekonomian daerah melalui pemanfaatan transportasi laut antar pelabuhan," ujar Sayed.

Sayed Jafar berharap setalah penandatanganan kesepakatan bersama yang kita laksanakan segera ditindaklanjuti dan diatur dalam perjanjian kerja sama yang secara teknis perihal aturan rincian dan mekanisme kerja yang dianggap perlu.

Sementara Bupati Mamuju Hj Siti Sutinah Suhardi menyampaikan penghargaan kepada seluruh pimpinan daerah yang telah duduk bersama untuk menindaklanjuti pelaksanaan kerja sama daerah dalam upaya pengembangan perekonomian melalui jalur transportasi laut antar pelabuhan kota.

"Tentu dengan adanya kerja sama ini, maka secara otomatis membuka peluang secara aktualisasi dengan kabupaten dan Kota," ucapnya.

Selain itu, diharapkannya pula bahwa kerja sama menjadi jembatan pengembangan ekonomi antar wilayah, terlebih semua daerah yang hadir tidak hanya terhubung dari aspek geografis namun lebih pada ikatan kekerabatan.

"Memang berdasarkan historinya, daerah kita ini masih sangat kental dengan kekerabatannya antar daerah. Utamanya di Pulau Sulawesi dan Kalimantan," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner