DKI Jakarta Juara Umum Kejurnas Barongsai

Kontingen DKI Jakarta Meraih Juara Umum dalam Kejurnas Barongsai 2022

Kontingen DKI Jakarta berhasil meraih predikat juara umum dalam kejuaraan nasional Barongsai, dengan perolehan 8 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Featured-Image
Kontingen DKI Jakarta raih juara umum di kerjurnas barongsai 2022

bakabar.com, JAKARTA – Kontingen Barongsai DKI Jakarta berhasil menjadi juara umum dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Barongsai 2022 yang memperebutkan Piala Hamengku Buwono X dan Piala KASAD .

Dalam acara yang diselenggarakan di Malika Ballroom Sleman City Hall, Yogyakarta, pada Jumat hingga Minggu, 7-9 Oktober 2022, Kontingen DKI Jakarta berhasil meraih juara umum pada Kejuaraan Nasional tersebut.

Ketua Umum FOBI DKI Jakarta, Hilda Kusumadewi mengatakan ia sangat bangga atas pencapaian yang diraih oleh Kontingen DKI itu. Ia juga menyampaikan raihan prestasi tersebut akan menjadi motivasi para atlet untuk menghadapi PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 mendatang.

“Saya sangat bangga dengan prestasi Kontingen Barongsai FOBI DKI Jakarta yang meraih prestasi luar biasa di Kejurnas Barongsai 2022 di Yogyakarta,” ungkap Hilda.

“Perolehan medali yang diraih ini juga akan menjadi motivasi kedepan para atlet agar terus berlatih untuk persiapan menghadapi PON XXI Aceh-Sumut mendatang,” tambahnya.

Kejurnas bergengsi ini, diikuti oleh 400 atlet yang terdiri dari 16 Provinsi se-Indonesia

Kontingen DKI Jakarta berhasil meraih 8 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu dari 13 nomor yang dilombakan.

Adapun nomor kategori yang dilombakan dalam Kejuaraan Nasional yang diadakan oleh Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) ini antara lain naga taolu bebas, naga haling rintang, naga kecepatan, barongsai tradisional, barongsai halang rintang, barongsai zou tou dan barongsai taolu wajib.

Sebelumnya, Kejurnas Barongsai ini sempat terhenti selama empat tahun. Terakhir, gelaran kejuaraan ini dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat pada tahun 2018 lalu.

Disisi lain, Ketua Panitia Kejurnas Barongsai 2022, Ernest Lianggar Kurniawan mengatakan Kejurnas ini menjadi momentum kebangkitan olahraga barongsai yang sebelumnya ikut terkena dampak pandemi Covid-19.

“Suksesnya kejurnas ini dapat menjadi bekal untuk menatap kejuaraan berikutnya yang lebih besar yakni PON 2024,” ucap Ernest.

Selain itu, dalam acara yang diselenggarakan di Sleman, Yogyakarta ini juga menobatkan Dahlan Iskan yang juga sebagai mantan Ketua Umum PB FOBI sebagai Bapak Barongsai Indonesia.

Editor
Komentar
Banner
Banner