Info Kesehatan

Konsumsi Ikan Lele Bisa Mencegah Stunting, Ahli Gizi: Proteinnya Tinggi!

Kandungan gizi yang terkandung dalam salmon dan tuna memang terbilang tinggi, namun lele pun bisa diandalkan.

Featured-Image
Olahan ikan lele. Foto: Dok. Tribun.

bakabar.com, JAKARTA - Kandungan gizi dalam salmon dan tuna memang terbilang tinggi, namun ikan lele pun bisa diandalkan. Tak hanya itu, ikan air tawar beportein tinggi ini pun dapat mencegah stunting.

Ahli pun memberikan penjelasan di mana orang tua sebenarnya tak harus membeli bahan pangan dengan harga selangit untuk mendapatkan manfaatnya. Lele pun bisa melengkapi kebutuhan gizi anak.

Dokter spesialis gizi Juwalita Surapsari, melansir CNN (23/2), menjelaskan bahwa lele bisa membantu mencegah stunting karena kandungan proteinnya yang baik.

"Karena lele merupakan salah satu jenis protein hewani yang tentu saja memiliki kualitas protein baik karena mengandung asam amino esensial lengkap yang dibutuhkan oleh anak, serta mikronutrien seperti besi dan seng," kata Juwalita.

Selain mudah didapat, harga ikan satu ini tidak terlalu mahal apalagi dibanding sumber protein hewani lain semisal daging sapi atau ayam.

Akan tetapi, lanjut Lita, lele tidak bisa begitu saja menggantikan daging sapi untuk pencegahan stunting. Karena pada dasarnya tak ada satu jenis bahan makanan yang mengandung seluruh gizi yang diperlukan anak.

"Oleh sebab itu perlu variasi agar seluruh kebutuhan nutrisinya terpenuhi," imbuhnya.

Tak hanya lele, ada beberapa jenis ikan lokal lain yang bisa dijadikan sumber protein seperti ikan kembung, baung, patin, tongkol, dan kakap. Semua jenis ikan ini bisa membantu orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Lita mengatakan, ikan-ikanan mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

"Namun tentunya kebutuhan zat gizi lain seperti karbohidrat dan lemak juga harus dipenuhi," katanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner