Nasional

Kongres V di Bali, PDIP Kalsel Usulkan Kader Sendiri Maju Pilkada 2020

apahabar.com, BANJARMASIN – Sedikitnya 125 orang Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai…

Featured-Image
Jokowi menghadiri Kongres V PDIP di Bali. Foto-detikcom

bakabar.com, BANJARMASIN – Sedikitnya 125 orang Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) se-Kalimantan Selatan berangkat menuju Kongres V PDI Perjuangan di Bali.

“Terdapat 125 orang pengurus di semua tingkatan mengikuti Kongres V PDI Perjuangan di Bali,” ucap Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalsel, Syaripuddin kepadabakabar.com, Kamis (8/8) siang.

Baca Juga: PDIP Tanah Laut Boyong Puluhan Pengurus Sukseskan Kongres V di Bali

DPD PDI Perjuangan Kalsel, kata dia, pada forum kongres nantinya akan menyampaikan beberapa sikap politik dalam menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai pelopor yang dikonsep oleh Bung Karno.

“Sebenarnya ini saran internal, akan tetapi ada beberapa hal yang bisa kita sampaikan,” tegasnya.

Pertama, pihaknya nanti akan meminta kepada Megawati Soekarnoputri agar kembali menjadi Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan. Kemudian, tetap melakukan regenerasi di tingkat pengurus pusat.

Kedua DPD PDI Perjuangan Kalsel, sambung dia, meminta kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) agar lebih mengutamakan kader internal partai sebagai calon kepala daerah di Pilkada Kalsel 2020 mendatang.

“Sepanjang memang kader yang bersangkutan memiliki kapabilitas dan elektabilitas yang baik,” pungkasnya.

Bukan hanya jajaran pengurus di tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota, akan tetapi sejumlah kepala daerah di Kalsel pun berangkat dalam Kongres V PDI Perjuangan di Bali tersebut.

Di antaranya, yakni Bupati Tanah Laut (Tala) Sukamta, Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah, Wakil Bupati Balangan Syaifullah dan Wakil Bupati Tanah Bumbu Ready Kamboo.

Baca Juga: PDIP Usulkan 3 Nama Calon Ketua DPRDTala

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner