Libur Lebaran 2023

Komodo Hadir di Ragunan Jelang Libur Lebaran 2023

Dua ekor Komodo didatangkan ke Taman Margasatwa Ragunan untuk melengkapi jenis hewan sebagai aset kebun binatang tersebut.

Featured-Image
Jenis reptil terbesar didunia, Komodo dihadirkan pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan untuk bisa di saksikan secara langsung oleh pengunjung di liburan Idul Fitri 2023. Foto : ist

bakabar.com, JAKARTA - Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan  menghadirkan jenis reptil terbesar di dunia, Komodo pada libur Idul Fitri 2023.

Tujuan kehadiran Komodo di Ragunan agar masyarakat Jakarta termasuk anak-anak bisa melihat secara langsung hewan endemik asal Manggarai, Pulau Flores itu.

Staf Bagian Pelayanan Informasi Taman Margasatwa Ragunan, Bambang Wahyudi mengatakan adanya dua ekor komodo yang didatangkan dan akan melengkapi jenis hewan sebagai aset kebun binatang tersebut.

"Kami sudah lama tidak punya komodo karena faktor usia. Sudah lebih dari tiga tahun kalau enggak salah," ujar Bambang dalam keterangannya, Senin (17/4).

Baca Juga: Atraksi Desa akan Semarakan Wisata di Taman Nasional Komodo

Bambang mengatakan dua komodo tersebut masih berusia muda dan masih belum masuk ke dalam masa subur atau masa kawin.

Sepasang komodo tersebut diperkirakan akan siap dikembangbiakan satu mendatang.

"Sepasang komodo itu baru berusia empat tahun. Mereka baru siap bereproduksi satu tahun lagi. Jadi setahun ke depan mungkin kami memiliki lebih banyak komodo,” ujarnya.

Baca Juga: Pria di Bekasi Diamankan karena Jual Satwa Dilindungi ke Medsos

Bambang menjelaskan sepasang komodo muda tersebut tidak di tangkap liar dari habitat aslinya Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun didatangkan dari kebun binatang lain yang ada di Kabupaten Bogor, Taman Safari Cisarua, tepat satu hari sebelum bulan puasa guna menyemarakkan aneka satwa yang ada di Ragunan.

"Cukup lama kami enggak punya komodo dan kami saat ini bekerja sama dengan kebun binatang lain, dalam hal ini Taman Safari. Kami juga memberikan satwa yang kami miliki ke kebun binatang tersebut. Jadi kerja sama ini menguntungkan," ujarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner