Info Kesehatan

Kolesterol Tetap Normal Meski Berpuasa, Ini Kuncinya!

Berpuasa di bulan Ramadan seringkali membuat seseorang tidak memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto: Pexels.

bakabar.com, JAKARTA - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan kerap membuat seseorang kurang memperhatikan asupan yang dikonsumsi.

Terlebih saat berbuka puasa dengan aneka menu tanpa mempertimbangkan kandungan dan komposisi. Padahal, kebiasaan tersebut berisiko mendatangkan penyakit, terutama bagi orang yang mengalami kadar kolesterol tinggi.

Risiko demikian muncul karena ketika berpuasa seseorang biasanya mengonsumsi banyak makanan berlemak seperti gorengan saat berbuka puasa atau sahur.

Banyak mengonsumsi makanan berlemak itulah yang membuat kolesterol akan 'menanjak' dan menumpuk.

Melansir Mayoclinic, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan di dalam darah. Kolesterol sebenarnya dibutuhkan untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit, salah satunya kardiovaskular.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan terjadinya plak pada dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di jantung. Hal ini dapat menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi berkurang dan terjadi penyakit jantung koroner.

Lalu bagaimana cara untuk menjaga kadar kolesterol agar tidak melewati batas maksimal?

Pola Makan Sahur & Berbuka yang Baik

Sahur punya peran penting untuk menjaga stamina tubuh selama berpuasa. Untuk itu cobalah perbanyak mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur. Hindari juga makanan tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk.

Sama halnya dengan ketika sahur, berbuka puasa juga harus diperhatikan. Diusahakan tidak langsung mengonsumsi makanan terlalu banyak ketika berbuka. Ini dapat menyebabkan perut menjadi sesak.

Banyak Asupan Serat

Serat disebut memperlambat pencernaan karbohidrat dan gula, sehingga mendorong peningkatan kadar gula secara bertahap. Serat bisa didapatkan dari sayur, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Diet tinggi serat dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur dan meminimalkan gula darah rendah. Ini dapat membantu tubuh mengelola diabetes tipe 1 dengan lebih baik

Olahraga

Meski sedang berpuasa, olahraga direkomendasikan dilakukan sebelum berbuka atau 60-90 menit sebelum berbuka puasa. Sehingga ketika selesai, cairan tubuh yang berkurang bisa langsung terganti. Waktu olahraga yang lainnya adalah ketika setelah berbuka atau tarawih.

Menjaga Pola Tidur

Tips lainnya agar tetap sehat selama berpuasa adalah dengan menjaga pola tidur di malam hari, apalagi seseorang harus bangun di pagi hari untuk sahur. Untuk itu hindari tidur terlalu malam atau begadang untuk menjaga tubuh tetap fit.

Berpuasa sebenarnya bisa menjadi waktu yang tepat bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterolnya, asal tetap dibarengi dengan aktivitas fisik dan pola makan yang baik ketika sahur dan berbuka puasa.

Editor


Komentar
Banner
Banner