Tokoh Internasional

Kim Jong Un Ulang Tahun, Nih Sederet “Rahasia” Mencengangkan!

Hampir empat dekade silam, tepat 8 Januari 1984, seorang penguasa yang kini terkenal sebagai diktator lahir ke dunia.

Featured-Image
Kim Jong Un, sosok pemimpin tertinggi Korea Utara. Foto: CNN.

bakabar.com, JAKARTA - Hampir empat dekade silam, tepat 8 Januari 1984, seorang penguasa yang kini terkenal sebagai diktator lahir ke dunia.

Ia adalah Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. 

Tanggal tersebut sebenarnya bukanlah waktu pasti kelahiran Kim Jong Un.

Itu cuma perkiraan yang diungkap oleh sejumlah sumber, mengingat Korut sendiri tidak pernah mengonfirmasi hari jadi pemimpinnya. 

Memang sebegitu tertutup Kim Jong Un dari dunia internasional – bahkan di negerinya sendiri pun demikian. Segala hal tentang dirinya sangat misterius, seolah-olah penuh rahasia.  

Kendati begitu, ada sejumlah desas-desus yang menyeruak mengenai kehidupan pribadi sang diktator.

Merangkum berbagai sumber, berikut deretan ‘rahasia’ Kim Jong Un yang barangkali belum Anda ketahui:

Suka ‘Menjilat Ludah’ Sendiri

Kim Jong Un sejatinya adalah sosok yang kerap menggaungkan narasi ‘anti-asing.’ Semisal, perihal peredaran media asing di Korut begitu ketat; siapa saja yang melanggar, bisa dijatuhi hukuman. 

Dia begitu vokal soal sikap anti-Amerika Serikat, bahkan sempat menyebut Negeri Paman Sam itu sebagai musuh terbesar Korut. Kendati demikian, dirinya adalah penggemar berat Nike – merek sepatu produksi AS.

Pada beberapa kesempatan, Kim Jong Un terlihat mengenakan sneakers alias sepatu santai berlambang centang. Dirinya mengoleksi sepatu Nike, bahkan juga menggenjot industri sepatu negara itu.

Kim Jong Un juga dikenal gemar mengonsumsi alkohol, termasuk anggur yang berharga fantastis. Dirinya pun rela menggelontorkan jutaan dolar dalam setahun untuk mengimpor minuman keras AS.

Sikap ‘muka dua’ Kim Jong Un juga terlihat dari kampanye anti-rokok yang begitu dia gencarkan di Korut. Pria bergaya rambut khas militer itu, nyatanya, adalah salah satu penggemar berat rokok.

Ini terbukti pada beberapa kesempatan, di mana Kim Jong Un tertangkap kamera sedang asyik merokok. Dia ditengarai menghabiskan sekitar USD 37 juta atau setara Rp500 miliar untuk menikmati rokok dan membeli mesinnya. 

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner