Pelatnas PBSI

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon Siap Jalani Debut dengan Partner Baru

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon akhirnya segera menjalani debut bersama partner barunya. 

Featured-Image
Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo saat masih berpasangan sebagai ganda putra Indonesia. Foto: dok. PBSI

bakabar.com, JAKARTA -Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon akhirnya segera menjalani debut bersama partner barunya di penghujung tahun ini.  

Kevin bersama Rahmat Hidayat dipastikan akan debut di Korea Masters 2023, 7-12 November mendatang, sedangkan Marcus berpasangan dengan Rayhan Nur Fadillah siap turun di turnamen India, awal Desember mendatang.

Hal tersebut secara langsung dikonfirmasi oleh pelatih kepada ganda putra Pelatnas PBSI, Aryono Miranat.

Baca Juga:Marcus/Kevin Mundur dari All England 2023, Ini Alasan PBSI

Menurutnya, Kevin/Rahmat sudah berada dalam kondisi siap tempur untuk menjalani turnamen. Yang terdekat adalah tampil di Korea Masters 2023.

"Mereka pada akhir pekan ini akan berangkat ke Korea Masters 2023,"ungkap Aryanto Miranat. 

Persiapaan Kevin/Rahmat, kata Aryono, berjalan dengan cukup baik setelah dua minggu terakhir tidak dapat mengikuti latihan bersama. 

Hal tersebut disebabkan karena Rahmat tengah bermain pada dua turnamen Indonesia Challenge dan Indonesia Masters di Surabaya bersama dengan Muhammad Nur Fadilah.

Baca Juga:Kevin Sanjaya Jatuhkan Pilihan Kepada Rahmat Hidayat Gantikan Marcus

Kevin Sanjaya sendiri sebelum melakukan latihan bersama dengan Rahmat Hidayat dan telah melakukan latihan sendiri bersama dengan pelatih Thomas Indratjaya. 

"Selama di Pelatnas Cipayung, Kevin berlatih dengan coach Thomas Indratjaya," ujar Aryono Miranat. 

Selain mengikuti Korea Masters, Kevin/Rahmat dipastikan juga akan mengikuti Jepang Masters di Kumamoto, 14-19 November mendatang. 

Baca Juga:Tim Bulutangkis Tanpa Medali di Asian Games, PBSI Minta Maaf

Sedangkan untuk Marcus/Rayhan memiliki persiapaan lebih panjang karena kemungkinan baru tampil saat turnamen BWF World Tour berlangsung di India, Desember mendatang.

Adapun dua turnamen di India yang terdaftar dalam kalender BWF ialah India Masters I di Guwahati, Assam, 5-10 Desember, dan India Masters II 2023 di Cuttack, Odisha, yang bergulir pada pekan berikutnya.

Namun nama Marcus/Rayhan sendiri sempat masuk dalam daftar peserta ajang China Masters, 21-26 November ini.

Akan tetapi status keduanya masuk dalam daftar tunggu keempat. Di atas mereka masih ada tiga ganda putra lainnya juga terdaftar sebagai reserves di turnamen BWF super 750 tersebut.

Baca Juga: Gagal Raih Gelar di Kejuaraan Dunia, PBSI: Menjadi Pelajaran Penting

Seperti diketahui, Marcus/Kevin sempat menjadi pasangan menakutkan periode 2017-2022. Ia mencatatkan banyak rekor termasuk sebagai penguasa ganda putra nomor 1 dunia selama 4 tahun, 8 bulan 24 hari.

Keduanya bahkan mendapat gelar raja super series karena menjuarai banyak turnamen BWF mulai dari level 500 sampai 1.000.

Tak hanya super series, pasangan Kevin/Marcus juga mampu menyabet medali emas Asian Games 2018. 

Prestasi gemilang terus ditorehkan keduanya hingga 2021, setelah merebut medali emas di ajang Thomas Cup.

Setelah itu, prestasinya terus menurun, salah satunya karena Marcus terus menderita cedera. Hingga akhirnya pada pertengahan Juni 2023, Marcus/Kevin resmi berpisah.

Editor
Komentar
Banner
Banner