Bisnis

Keutamaan Umrah di Bulan Ramadan dan Tips Menjalaninya

Umrah selama Ramadan menjadi jalan untuk mendapat pahala setara haji.

Featured-Image
BERBUKA puasa bersama di Masjid Nabawi, Madinah. (YouTube: Hafiz Kashif Mahmood)

bakabar.com, BANJARMASIN - Banyak umat Islam yang melakukan ibadah umrah di bulan Ramadan. Umrah di bulan suci ini memberikan banyak keuntungan dan keutamaan yang tidak bisa didapatkan pada waktu-waktu lainnya.

Apalagi, pahala ibadah pada bulan suci Ramadhan juga dilipatgandakan. Tak heran, jumlah jemaah umrah akan meningkat pada bulan ini.

Untuk itulah, menjalankan ibadah ke Tanah Suci di bulan Ramadan menjadi tantangan tersendiri. Jadi, memerlukan persiapan yang matang.

Yuk, simak keutamaan ibadah umrah saat Ramadan serta tips menjalaninya pada artikel berikut ini, sebagaimana dilansir megasyariah.com!


Keutamaan Umrah di Bulan Ramadan

Walaupun umrah bisa dilakukan kapan pun, tetapi apabila dilaksanakan ketika bulan Ramadan akan memberikan banyak keutamaan yang tidak bisa didapatkan pada waktu-waktu lainnya.

Terdapat kemuliaan dari ibadah umrah di bulan Ramadan di mana kita berumrah dalam keadaan berpuasa, antara lain:

Pahala Setara Ibadah Haji

Jika berbicara mengenai pahala yang akan diperoleh, jumhur (kebanyakan) ulama berpendapat bahwa umrah ketika bulan suci Ramadan sangat diutamakan. Sebab, umrah selama Ramadan menjadi jalan untuk mendapat pahala setara haji.

Rasulullah s.a.w bersabda:

"Jika datang bulan Ramadan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadan senilai haji bersamaku. (H.R. Bukhari dan Muslim).

Meski setara haji, tetapi umrah saat Ramadan tidak menggugurkan kewajiban ibadah haji, ya! Haji tetap wajib dijalankan bagi umat Islam yang mampu melaksanakannya.

Pembuka Rezeki dan Keberkahan

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan pahala. Dalam hal ini, umrah di bulan Ramadan dapat membantu umat Muslim untuk menambah pahala dan keberkahan dalam ibadah mereka.

Selain itu, melaksanakan umrah saat Ramadan juga dapat menjadi pembuka rezeki. Bahkan, biaya umrah saat Ramadan yang jumlahnya akan lebih besar dibandingkan bulan lainnya akan dianggap menjadi jalan fii sabilillah atau digunakan di jalan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Memberikan Pengalaman Spiritual yang Berbeda

Melaksanakan ibadah puasa di Tanah Suci tentu akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Dalam suasana yang tenang dan penuh kekhidmatan, kita dapat merasakan kehadiran Allah dengan lebih kuat.

Anda dapat melaksanakan sahur, berbuka puasa, hingga salat tarawih di Masjidil Haram. Bahkan, Rasulullah pun menempatkan ibadah umrah ketika bulan puasa sama dengan ibadah haji bersama Beliau. Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a, dari Rasulullah s.a.w bersabda:

"Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku." (H.R. Imam Bukhari).

Waktu yang Baik untuk Meningkatkan Keimanan

Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Pada bulan suci ini, kesempatan untuk terkabulkannya doa menjadi lebih besar dibandingkan waktu lainnya.

Dalam suasana yang penuh berkah dan ketenangan, kita dapat memanjatkan doa, merenungkan, sekaligus merefleksikan kehidupan selama ini. Dengan demikian, umrah di bulan Ramadan dapat membantu umat Muslim untuk memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan di tempat terbaik, Tanah Suci.

Mengejar Malam Lailatul Qadar di Tanah Suci

Anda dapat melaksanakan umrah awal, pertengahan, dan akhir Ramadan. Tetapi, banyak umat Islam yang berlomba-lomba melaksakan ibadah umrah menjelang akhir Ramadan.

Tak heran, paket umrah yang paling diminati para jamaah adalah 10 hari terakhir Ramadan sampai hari raya Idul Fitri. Hal ini karena di 10 hari terakhir Ramadan, umat Islam mengejar malam Lailatul Qadar di kota Mekah.

Tips Umrah Saat Ramadan

Mengingat ibadah umrah ketika bulan puasa memberikan keistimewaan yang lebih tinggi dibandingkan waktu lainnya, maka Anda harus mempersiapkannya dengan lebih baik.

Berikut ini tips persiapan ibadah umrah di bulan Ramadan:

1. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan ibadah umrah saat Ramadan.

2. Biasanya, awal Ramadan dan 10 hari terakhir Ramadan menjadi waktu favorit dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

3. Pilih akomodasi yang strategis dan dekat dengan Masjidil Haram sehingga Anda tidak perlu berjalan jauh untuk mencapai tempat ibadah. Pastikan juga akomodasi yang Anda pilih memiliki fasilitas yang memadai untuk kebutuhan Anda selama beribadah di Mekah.

4. Persiapkan diri dengan baik sebelum melakukan umrah saat Ramadan, baik secara fisik maupun mental. Pastikan juga kondisi kesehatan Anda dalam keadaan yang baik sebelum berangkat ke Mekah.

5. Melakukan umrah di bulan puasa membutuhkan energi yang cukup. Jadi, Anda harus mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka menjaga tubuh tetap fit.

Yang paling penting, pastikan jangan sampai Anda sakit saat umrah, ya! Sebab, bukan hanya ibadah umrah yang akan terganggu, tapi juga ibadah puasa Anda juga.(*)

Editor
Komentar
Banner
Banner