Sepak bola nasional

Ketum PSSI Soroti Pentingnya Pengembangan Bakat Sepak Bola Indonesia

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan menekankan pentingnya pengembangan bakat muda para pemain sepak bola nasional demi kemajuan sepak bola Indonesia

Featured-Image
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberi sambutan pada acara FGD Penyempurnaan Inpres tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional (Foto: ANTARA)

bakabar.com, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan pentingnya pengembangan bakat muda para pemain sepak bola di Tanah Air.

Hal tersebut disampaikan oleh Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dalam acara Focus Grup Discussion (FGD) bersama Kemenpora terkait penyempurnaan Instruksi Presiden No.3 Tahun 2019 di Nusa Dua, Bali pada 10-12 Februari 2023.

Ketum PSSI menyatakan pengembangan bakat perlu diperkuat dalam versi baru Instruksi Presiden (inpres) tentang percepatan pembangunan nasional demi memajukan sepak bola Indonesia.

Iriawan merasa yakin jika para bakat muda dibina dengan baik, maka Timnas Indonesia akan menjadi Macan Asia dalam lima tahun ke depan.

Baca Juga: Terancam Degradasi, Pep Guardiola Tegaskan Setia bersama Manchester City

“Ada beberapa catatan di dalam Inpres, pertama, pengembangan bakat. Bakat kita luar biasa teman-teman, ada banyak sekali,” ujar Iriawan dikutip dari Antara, Sabtu (11/2).

“Insya Allah dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan, saya yakin dengan kepengurusan (PSSI) yang baru sepak bola kita lebih maju, karena harus berproses,” sambungnya.

Lebih lanjut, Iriawan juga mencontohkan saat ini ada beberapa pemain muda Indonesia yang telah berlatih di luar negeri. Salah satunya Kapten Timnas Indonesia U-16 Iqbal Gwijangge serta Eriko Sulastino.

Kedua penggawa muda timnas Indonesia itu saat ini sedang berlatih di Hungaria bersama klub Puskas Akademia FC.

Baca Juga: Chelsea Perpanjang Kontrak Thiago Silva Sampai Musim Panas 2024

“Nanti saya yakin, lima tahun ke depan, Indonesia akan kembali menjadi Macan Asia sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia,” katanya.

Selain itu, Iwan Bule menilai kurikulum, kepelatihan, dan penambahan sumber daya di sepak bola Tanah Air saat ini juga perlu menjadi perhatian bersama.

Dirinya juga mengusulkan pentingnya menyusun Indeks Pembangunan Sepak Bola yang dapat menjadi indicator mengukur kemajuan sepak bola Tanah Air.

“Saran, kirainya kita pikirkan Indeks Pembangunan Sepak Bola yang mana indeks itu harus dikaji oleh para pakar, akademisi,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner