Tak Berkategori

Ketika Pos Pam Terpadu Polres Banjar Menjadi Posko Kesehatan Dadakan

apahabar.com, MARTAPURA – Ratusan ribu massa menyemut di Jalan simpang empat Masjid Pancasila, ratusan ribu massa…

Featured-Image
Kabiddokkes Polda Kalsel saat memberikan pelayanan kesehatan kepada jamaah yang pingsan. Foto-apahabar.com/Edddy Andrianto

bakabar.com, MARTAPURA – Ratusan ribu massa menyemut di Jalan simpang empat Masjid Pancasila, ratusan ribu massa itu datang dari arah Sekumpul. Kedatangan lautan manusia itu datang seakan tiada henti. Mereka adalah para jamaah yang baru saja mengikuti haul Abah Guru Sekumpul ke 14.

Tak pelak situasi ini membuat sejumlah jamaah lainnya panik. Mereka berdesak-desakan ingin cepat keluar dari kerumunan. Akibatnya, banyak jatuh korban karena terhimpit para jamaah lainnya.

Pos Pam Terpadu yang berada tepat di jalur jamaah keluar dari kawasan sekumpul itu, seketika menjadi posko kesehatan dadakan. Mereka yang pingsan langsung dibawa masuk ke ruang VVIP posko lantas Polres Banjar itu.

Baca Juga:Jutaan Jemaah Haul Abah Guru Larut dalam Syair Maulid Habsyi dan Dzikir

Minimnya relawan yang berada di sekitaran Pos Pam, membuat sejumlah pejabat utama polda kalsel menjadi tim medis dadakan. Pantauan Apahabar.com, mulai dari Direktur Kriminal Umum Polda Kalsel, Kombes Pol Sofyan Hidayat, Kabid Propam Polda Kalsel Kombes Pol Irianto hingga Kabid Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Erwinn ZH MARS hilir mudik mengangkat dan mengobati para jamaah yang pingsan.

"Kasih jalan,tolong minggir, ada jamaah yang pingsan lagi," teriak Dirkrimum Polda Kalsel, Kombes Pol Sofyan Hidayat.

Mereka yang mulai terlihat lemas kemudian dibantu petugas kesehatan dadakan untuk diberikan pertolongan. Di dalam Pos Pam, beberapa jamaah dibaringkan dan diberi bantuan pernafasan menggunakan tabung oksigen.

Baca Juga:Video Jemaah Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul Melalui Drone Terpantau Menyemut

Para jamaah yang jatuh pingsan itu rata-rata berusia lanjut. Faktor kesiapan saat akan mengikuti gelaran akbar yang menyedot massa disinyalir jadi pemicu lemahnya stamina para jamaah.

"Kebanyakan kan mereka mengaku belum makan nasi, lemas saja. Cuma kehilangan kesadaran saja sebentar, terus kita minumkan air putih atau teh hangat, kasih makan, kasih oksigen juga sudah enak. Ya semestinya mereka persiapkan diri secara matang sebelum ke haul," ungkap Kabiddokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn ZH MARS kepada Apahabar.com di pos lantas sekumpul.

Erwin menjelaskan, Rasa lelah dan cuaca yang panas menyengat menjadi penyebabnya. "Namun beruntungnya hingga malam ini belum ada satupun yang fatal ya. Kebanyakan para korban hanya mengalami pusing-pusing dan sesak nafas saja," pungkasnya.

Baca Juga:Foto: Tokoh dan Pejabat Tinggi Meriahkan Haul Akbar Guru Sekumpul Ke-14

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner