Pemkab Barito Kuala

Kesatria Bakumpai Berjaya di Kite Festival Batola 2024

Sempat dihantui hujan, Kesatria Bakumpai tampil prima untuk menjuarai kategori layangan 2 dimensi di Kite Festival Barito Kuala (Batola) 2024.

Featured-Image
Kesatria Bakumpai tampil prima untuk menjuarai kategori layangan 2 dimensi di Kite Festival Barito Kuala (Batola) 2024. Foto: Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN - Sempat dihantui hujan, Kesatria Bakumpai tampil prima untuk menjuarai kategori layangan 2 dimensi di Kite Festival Barito Kuala (Batola) 2024.

Sama seperti edisi-edisi sebelumnya, festival layang-layang itu dipusatkan di eks lahan parkir Hari Pangan Sedunia (HPS) di Desa Jejangkit Muara dan berlangsung 8 hingga 11 Agustus 2024.

Puluhan peserta dari berbagai daerah, bertanding di empat kategori lomba, termasuk layangan 2 dimensi yang juga dipertandingkan di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas).

Dalam lomba yang banyak menarik perhatian penonton ini, Ksatria Bakumpai dari Marabahan berhasil menjadi pemenang untuk mengalahkan penampilan Kesatria Elang.

Kesatria Bakumpai yang dikendalikan Ade Sofyan itu sekaligus membalas kegagalan di Festival Layang-layang Batola 2023, setelah dikalahkan Kesatria Sebatung.

Tak kalah menegangkan adalah kategori layangan aduan atau dalam Bahasa Banjar disebut bategangan. Setelah melalui dua babak, Bahrudin berhasil menjatuhkan layangan milik Antoni Agustinus.

Semua juara memperoleh hadiah sebesar Rp5 juta. Sedangkan runner up berhak atas hadiah sebesar Rp4 juta.

Adapun peringkat ketiga mendapatkan hadiah Rp3,5 juta, urutan keempat Rp3 juta, posisi kelima Rp2,5 juta dan urutan keenam Rp2 juta.

"Kite Festival Batola merupakan upaya pelestarian olahraga tradisional yang mulai jarang dilakukan, lantaran kurang dikenal generasi muda," papar Sabirin, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Batola.

"Dengan sering diselenggarakan, masyarakat kembali gandrung dan melahirkan atlet yang dapat mengharumkan nama daerah dikemudian hari. terlebih pelayang Batola sudah masuk komunitas layang-layang internasional," imbuhnya.

Berikut hasil lengkap Kite Festival Batola 2024:

Layangan Aduan
1. Bahrudin
2. Antoni Agustinus
3. H Riyan
4. Khairul Umam

Layangan 2 Dimensi
1. Ade Sofyan (Kesatria Bakumpai)
2. Noval (Kesatria Elang)
3. Suroto (Jatilan Menari)
4. Fathir (Semar Bangun Kayangan)
5. Bahdim (Ki Dalang)
6. Adji (Pemain Bola)

Layangan Train Naga
1. Ravi Abdullah (Naga Bamega)
2. Dwi Fitriani (Naga Kembang Kanthil)
3. Irene (Naga Centil)
4. Alex (Naga Sakral)
5. Jumali (Naga Puspa Raya)
6. Ade Sofyan (Naga Sampiang Bakumpai)

Layangan Dandang Tradisional
1. Junaidi (Marista)
2. Jurhansyah (Amuk Tarukung)
3. Rusnadiansyah (Kesatria BKR)
4. Aulia Noor Ilmi (Raden Margana)
5. Zainal Arifin (Pangeran Samudra)
6. Dedy Rosyadi (Pusaka Akur)

Editor


Komentar
Banner
Banner