hari buruh internasional

Kereta Bandara hingga TransJakarta Rekayasa Rute Antisipasi Demo Buruh

Sejumlah moda transportasi seperti Kereta Bandara, KRL Commuter Line, hingga bus TransJakarta melakukan penyesuaian dan rekayasa rute imbas demo buruh di Istana

Featured-Image
Para pemudik telah tiba di Stasiun Pasar Senen usai melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya dengan menggunakan moda transportasi kereta api jarak jauh. Foto: apahabar.com/BS

bakabar.com, JAKARTA - Sejumlah moda transportasi seperti Kereta Bandara, KRL Commuter Line, hingga bus TransJakarta melakukan penyesuaian dan rekayasa rute imbas demo buruh di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/5).

Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menerangkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjadikan Stasiun Jatinegara sebagai stasiun pemberangkatan jarak jauh selain Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (1/5).

“Pada saat normal KA yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari ini terdapat 16 KA yang akan berhenti juga di Stasiun Jatinegara untuk melayani penumpang,” kata Eva kepada bakabar.com , Senin (1/5).

Baca Juga: Peringati May Day, Puluhan Ribu Buruh Geruduk Istana Negara

Langkah ini dilakukan untuk memudahkan calon penumpang KA jarak jauh agar memiliki alternatif jika terdampak kemacetan lalu lintas saat akan menuju Stasiun Gambir serta menghindari keterlambatan. 

“Selain itu para calon penumpang KA dapat mengetahui informasi perjalanan KA dengan menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected] atau media sosial KAI121,” jelasnya.

Baca Juga: Peringati Hari Buruh di Maluku dengan Berbagi Sembako untuk Pekerja Korban PHK

Commuter Line dan Kereta Bandara

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba juga menerangkan bahwa perjalanan commuterline dan Kereta Bandara dilakukan penyesuaian.

Sekitar pukul 10.00-15.00 WIB untuk perjalanan KRL Bekasi/Cikarang – Kampung Banda via Manggarai, maupun KRL Bekasi/Cikarang – Kampung Bandan via Pasar Senen, dan Kereta Bandara Soekarno-Hatta tidak berhenti di Stasiun Sudirman dan Sudirman baru/BNI City untuk pelayanan naik dan turun pengguna.

Baca Juga: Catat! Rekayasa Lalu Lintas Saat Demo Buruh Hari Ini

"KAI Commuter mohon maaf atas adanya penyesuaian perjalanan operasi ini. Untuk para pengguna kereta bandara yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta dapat naik dari Stasiun Manggarai ataupun Stasiun Duri," ujar Anne.

Sedangkan, untuk pengguna KRL yang biasa naik atau turun di dua stasiun tersebut dapat menyesuaikan Stasiun terdekat seperti Stasiun Manggarai ataupun Stasiun Karet. KAI Commuter mengimbau kepada para pengguna untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga keselamatan dan kondisi.

TransJakarta

PT Transjakarta melakukan penyesuaian rute di sejumlah titik wilayah Jakarta lantaran adanya demo peringatan Hari Buruh alias May Day.

"Sejumlah penyesuaian layanan TransJakarta dilaksanakan, Karena akan ada aksi penyampaian aspirasi bertepatan Hari Buruh," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transportasi Jakarta(Transjakarta), Apriastini Bakti Bugiansri, Senin (1/5).

Penyesuaian layanan itu dilakukan di tiga koridor. Pertama, rute 2Q yang melayani Gondangdia - Balaikota mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda.

Balaikota mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya Penutupan Jalan di kawasan Patung Kuda. Sementara arah Balaikota tidak melewati bus stop Masjid Cut Mutia 1 s/d Dana Reksa

Kedua rute 5M yang melayani Kampung Melayu-Tanah Abang yang dialihkan karena penutupan jalan. Untuk sementara arah Tanah Abang tidak melewati bus stop Teuku Cik Ditiro sampai Wisma Mandiri.

Editor


Komentar
Banner
Banner