Ekosistem Kendaraan Listrik

Keren! Akhirnya Motor Listrik Asal Indonesia Dipasarkan di Malaysia

Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Budihardjo Iduansjah optimis dengan potensi Indonesia di otomotif baru terbukanya

Featured-Image
Inabuyer Electric Vehicle (EV) EXPO 2023, Jakarta Selatan, Selasa (28/11). Foto: apahabar.com/Ayyubi

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Budihardjo Iduansjah mengaku optimis dengan potensi pasar otomotif dalam negeri, khususnya dalam persaingan pasar internasional.

Hal ini seiring dengan mulai diekspornya motor listrik merk lokal pertama bernama United dari Indonesia. Adapun negara tujuan ekspornya tertuju di Malaysia.

"Merk motor kita sudah sampai ekspor ke Malaysia. Jadi, sebenarnya industri ini (united) akan menjadi merk lokal otomotif pertama Indonesia yang terekspor," katanya kepada wartawan, selepas Inabuyer Electric Vehicle (EV) EXPO 2023, Jakarta, Selasa (28/11).

Baca Juga: Segera! RI-China Bakal Bangun Pabrik Baterai EV di Indonesia

Saat ini pada tahap pertama, meski tidak semuanya United sekitar 2.000 unit motor listrik asal Indonesia telah dikirim ke Malaysia.

Karena itu, pihaknya tengah mempersiapkan beberapa merk lainnya untuk dikirim ke malaysia. Namun, dia belum mau membeberkan apa saja merk yang akan diekspor.

Baca Juga: Penjualan Motor Listrik Subsidi Masih Jauh dari Target pada Tahun Ini

Adapun nilai ekspor dari 2.000 unit yang diekspor ke Malaysia tersebut berkisar Rp80 miliar, dengan asumsi harga per unitnya sekitar Rp40 juta.

Meski meyakini potensi ekspor motor listrik asal Indonesia akan meluas hingga kancah internasional, pihaknya masih memprioritaskan ekspor ke Malaysia.

"Ya, bertahap. Tapi saat ini Malaysia dulu. Tapi kayaknya besar potensi Indonesia di otomotif baru terbukanya di motor listrik ini," pungkas dia.

Baca Juga: Pesan Motor Listrik Kawasaki Siapkan Dana Rp30 Jutaan, Kapan Dikirim?

Sebelumnya, PT Terang Dunia Internusa (TDI), produsen sepeda motor listrik United E-Motor, go internasional ke pasar roda dua Malaysia dengan menggandeng Artoniq Berhad, perusahaan investasi Malaysia.

Diketahui dua model motor listrik United E-Motor yang dipasarkan di Malaysia adalah TX1800 dan TX3000. 

"Kami ingin segera melihat motor listrik buatan Indonesia melintas di jalan-jalan luar negeri. Malaysia menjadi negara pertama untuk memulai ekspansi ke pasar internasional," ucap Direktur TDI Andrew Mulyadi.

Editor
Komentar
Banner
Banner