BURONAN KPK

Kerap Gagal, KPK Kembali Buru Harun Masiku Usai Terlacak di Tanah Air

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui masih gagal memburu buronan korupsi yang juga politisi PDI Perjuangan, Harun Masiku.

Featured-Image
Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter Polri) Irjen Krishna Murti  dan Juru Bicara KPK Ali Fikri (foto: apahabar/dianfinka)

bakabar.com, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui masih gagal memburu buronan korupsi yang juga politisi PDI Perjuangan, Harun Masiku.

Terlebih Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri mengendus keberadaan Harun Masiku di Indonesia, namun KPK tak kunjung mampu menangkap.

"Informasi terakhir itu tentu nanti ke depan kami fokuskan pencarian di dalam negeri kalau memang betul bahwa yang bersangkutan kemudian telah melintas ke dalam negeri," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Jumat (11/8).

Kendati demikian KPK mengeklaim masih berupaya memburu Harun Masiku, meskipun telah bertahun-tahun Masiku berkeliaran tanpa kepastian ditangkap.

Bahkan KPK mengaku sempat mengendus keberadaan Masiku di luar negeri, namun tetap menemui kegagalan.

"Kemudian, beberapa bulan yang lalu itu kami peroleh dia memang berada di luar negeri itu sehingga tim kami, tim KPK langsung datang ke sana," ujar Ali.

"Beberapa orang berkoordinasi dengan pihak otoritas di sana langsung melakukan pencarian di beberapa lokasi, ternyata memang keberadaannya tidak ditemukan," sambungnya.

Baca Juga: Harun Masiku Tak Kunjung Ditangkap, Peneliti UGM: Jadi Tolok Ukur Independensi KPK

Sebelumnya, Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengatakan bahwa buron kasus korupsi Harun Masiku masih berada di Indonesia.

Hal tersebut dikatakannya demi menepis informasi yang beredar bahwa Harun Masiku ada di negara tetangga, Kamboja.

Krishna Murti menjelaskan mengapa saat ini Harun Masiku masih ada di Indonesia. Menurutnya, setelah dilakukan pengecekan data perjalanan bahwa terdeteksi Harun Masiku ada di dalam negeri.

"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri. Jadi rumor-rumor yang beredar seperti itu, ya  kami sampaikan. Tapi kami tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri," ujar Krishna Murti kepada wartawan di gedung merah putih KPK, Senin (7/8).

Kata dia, Harun Masiku memang sempat pergi keluar negeri. Namun, kepergiannya itu tidak memakan waktu lama dan langsung kembali ke Indonesia. Maka dari itu, Krishna memastikan bahwa Harun Masiku tidak bersembunyi di luar negeri.

"Setelah dia keluar dia balik lagi ke dalam. Jadi dia sebenarnya bersembunyi di dalam tidak seperti rumor. Tapi kita juga tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar," ujarnya.

Baca Juga: Mahfud MD Soal Harun Masiku Masih Buron: Wewenang KPK

Editor


Komentar
Banner
Banner