Berita Banjarbaru

Keracunan Umbi Gadung, Pria di Cempaka Banjarbaru Tewas

Seorang warga Bangkal, Cempaka, Banjarbaru dikabarkan meninggal dunia usai keracunan umbi gadung.

Featured-Image
Keracunan umbi gadung, seorang warga Cempaka meninggal dunia. Foto: Polsek Cempaka

bakabar.com, BANJARBARU - Seorang warga Desa Bangkal, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, meninggal dunia usai keracunan umbi gadung.

Korban bernama Iwan (30). Kejadian ini bermula ketika korban bersama empat pemuda lain mencari umbi gadung untuk dimakan.

Setelah mendapat yang diinginkan, umbi tersebut dimasak dan dimakan bersama. Namun sekitar 1 jam kemudian, mereka merasakan mual dan pusing.

Selanjutnya mereka pun dilarikan ke Puskesmas Cempaka. Belakangan Iwan dinyatakan meninggal dunia keracunan, sedang empat pemuda lain masih  dalam perawatan.

"Mereka keracunan umbi. Korban meninggal sudah dimakamkan," papar Kasi Humas Polsek Cempaka, Aiptu Hendra Fahmi, Selasa (15/8).

"Adapun korban yang masih dirawat bernama  Arsyad (21), Ahmad Syahroni (58), Jalaluddin (30) dan Wadri (27)," imbuhnya.

Umbi gadung sendiri merupakan tanaman beracun dan mengandung alkaloid dioskorina. Sebenarnya masih dapat dikonsumsi, tetapi membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama untuk membuang racun.

Beberapa cara yang dilakukan masyarakat adalah merendam umbi gadung selama berhari-hari dengan abu sekam, kapur dan garam. Kemudian umbi dijemur dan ditumbuk dijadikan tepung.

Namun mengingat proses pengolahan tersebut banyak dilakukan masyarakat, dibutuhkan pengalaman dan pelatihan yang tepat untuk mengolah umbi gadung. 

Editor


Komentar
Banner
Banner