Metode Menyeduh Kopi

Kenali 6 Metode Menyeduh Kopi untuk Ciptakan Secangkir Kopi Nikmat dan Asik

Kopi yang nikmat adalah kopi yang disajikan dengan takaran yang sesuai, selain itu alat dan metode penyajian juga menentukan rasa kopi yang nikmat.

Featured-Image
Ilustrasi berbagai pembuatan kopi seduh. Foto: ahcoffee

bakabar.com, JAKARTAKopi yang nikmat adalah kopi yang disajikan dengan takaran yang sesuai, selain itu alat dan metode penyajian juga menentukan rasa kopi yang nikmat.

Kopi sebagai minuman favorit menjadikannya semakin mudah untuk didapatkan. Tidak sedikit khalayak umum yang mulai tertarik mendalami cara membuat kopi, agar mendapatkan pengalam maupun kenikmatan yang sesuai dengan keinginannya.

Seiring dengan banyaknya jumlah penikmat kopi, inovasi dalam industri kopi saat ini semakin meningkat dari cara pengelolaan perkebunan kopi, keanekaragaman biji kopi, alat-alat yang digunakan dan metode seduh yang semakin beragam.

Dalam penyeduhan kopi ada berbagai metode kopi seduh yang digunakan, namun tiap metode memiliki rasa yang khas.

Metode pembuatan kopi

Ada banyak cara yang bisa di gunakan dalam menikmati secangkir kopi.

1. French Press

French Press adalah alat seduh kopi yang cara kerjanya dengan merendam bubuk kasar dalam air panas. Ada banyak gaya dan ukuran press yang berbeda untuk dipilih.

Dalam alat Frech press, bubuk kopi direndam dalam air panas selama waktu sekitar 4 menit.

Metode ini juga di kenal sebagai coffee press, metode ini dapat mengestrak paling banyak cita rasa yang terdapat dalam kopi bubuk sekaligus.

Harga alat mesin ini pun sangat terjangkau, sehingga mudah ditemukan dimana saja. Cara pembuatannya cukup mudah.

Keuntungan menggunakan French press ini ialah;

1.  Menghemat biaya, karena harga alat French press tersebut cukup murah.

2.  Mempunyai rasa yang khas, karena tidak ada kertas saring yang digunakan pada alat French press, lebih banyak minyak di dalam biji kopi yang masuk ke dalam minuman. Minyak inilah yang memberi rasa pada kopi.

3.  Bisa mengontrol rasa kopi, berbeda dengan mesin tetes, French press bisa mengontrol suhu air dan waktu penyeduhan. Dengan French press ini bisa menentukan dengan tepat bagaimana rasa yang ingin didapat.

4.  Dapat menggunakan di mana saja dan dibawa kemana saja.

2.   Pour Over (Drip)

Kopi pour over diminati banyak para pecinta kopi karena mampu menghasilkan karakter rasa kopi yang kompleks.

Seduhan kopi pour over menggunakan bubuk kopi yang segar, sebuah filter dan dripper. Bubuk kopi yang sudah digiling, dimasukan ke filter yang sudah ditempatkan ke dripper. Nantinya, air seduh yang dituang akan membasahi bubuk kopi, terekstrasi melalui filter dan turun ke server.

Kenikmatan dari seduhan kopi pour over tercipta dari keterkaitan antara tahap, diantaranya membasahi bubuk kopi, disolusi, dan difusi. Dari mulai mengoptimalkan durasi pembasahan bubuk kopi, durasi seduh dan jarak tuang air seduhan hingga mengoptimalkan tahapan disolusi dan difusi.

Disolusi adalah proses pelarutan senyawa yang ada pada kopi. Ketika air seduhan bertemu dengan bubuk kopi, senyawa rasa akan menyebar. Difusi merupakan proses senyawa kopi yang larut pada air akan menets melalui dan meninggalkan lapisan ampas kopi hingga tiris.

3.  Aeropress

Aeropress merupakan alat yang simple dan ramping, plus cara memakainya yang juga gampang. Menggunakan Aeropress adalah dengan diputar-balik, dosis kopi cenderung banyak, ekstrasi singkat dan beberapa kali pengadukan.

Adanya tambahan teknik baru yang diadaptasi dari pour over yaitu, blooming untuk membuat karakternya semakin kompleks.

Motede aeropress ini menggunakan tekanan udara dalam pembuatan kopinya. Pembuatannya cukup mudah dengan menggunakan alat khusus yang mirip dengan suntikan.

Cara menggunakannya cukup ditekan kopi yang sudah tercampur dengan air panas, sehingga kopi akan tersaring dan tersaji di dalam cangkir.

4. Symphon

Metode penyeduhan kopi menjadi sangat ramai, dulu kopi hanya dibuat dengan menyeduhkan kopi dan air panas, kini beralih dengaan praktik-praktik penyeduhan yang elegan dan penuh perhitungan.

Banyak alat – alat seduh kopi yang tidak hanya mampu menyeduhkan kopi yang nikmat tapi juga memanjakan mata karena desainnya yang unik. Contohnya symphon coffee, selain desain yang unik, teori metode seduh yang diterapkannya juga menarik.

Pada praktiknya air seduhan yang dipanaskan akan naik ke wadah atas yang berisi bubuk kopi, dan kemudian akan mengalir ke wadah bawah sudah terekstrasi menjadi air kopi. Itulah yang membuat symphon mempunyai karakter kopi yang menarik.

5. Rok presso

Alat rok presso dapat menyajikan espresso dengan metode pembuatan kopi secara manual. Dengan alat ini hanya meletakan kopi yang sudah halus menggunakan air di bagian atas alat pressonya kemudian, beri tekanan dengan cara menarik dan menekan tuas yang terletak di samping alat rok presso tersebut.

6.  Cold Brew

Cold brew adalah salah satu metode seduh kopi paling unik. Kopi ternyata tidak hanya nikmat diseduh panas tetapi dengan seduhan dingin pun juga nikmat.

Cold Brew merupakan salah satu sajian kopi seduh dingin yang berbeda dari es kopi seperti ice americano, dan ice black.

Cold brew diseduh tanpa air panas, untuk membuat cold brew harus menggunakan air dengan suhu ruang. Air suhu ruang dan kopi akan diektraksi lebih dari 8 jam tergantung jenis kopi yang dipakai.

Biasanya selama direndam selama 8 sampai 12 jam, cold brew diletakan di lemari pendingin. Proses ini akan menghasilkan cita rasa yang unik, manis dan tinggat keasaman yang rendah.

Editor


Komentar
Banner
Banner