Hilirisasi Pertanian Di Kukar

Kemenkop-UKM Dukung Pembangunan Pabrik Rumput Laut dan Jahe di Kukar

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), akan didampingi Kementerian Kemenkop-UKM dalam upaya hilirisasi pertanian. Mereka akan disupport dalam pembangunan dua pabrik.

Featured-Image
Bupati Kukar, Edi Damansyah saat menjamu rombongan Kemenkop-UKM. (Dok.Pemkab Kukar)

bakabar.com, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), bakal mendapat pendampingan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM) RI untuk pembangunan dan pengembangan hilirisasi sektor pertanian

Komitmen ini disampaikan langsung oleh Deputi Bidang UKM, Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman pada Bupati Kukar, Edi Damansyah saat berkunjung ke Kukar, belum lama ini.

Dalam jamuannya, orang nomor satu di Kukar ini meminta secara langsung agar Kemenkop-UKM membantu mereka, dalam membangun pabrik industri rumput laut di Kecamatan Muara Badak.

Baca Juga: Haul Akbar Tuan Habib Tunggang Parangan Kenang Penyebar Islam Pertama di Kutai

Selain itu, Edi juga meminta agar dilakukan pengembangan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri yang ada di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kuku.

 “Untuk pabrik rumput laut di Muara Badak, pengadaan mesinnya sendiri saat ini memasuki proses lelang, untuk itu saya meminta pendampingan dari Kemenkop-UKM,” kata Edi.

Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo.
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo.

Pembangunan dua pabrik ini diharapkan mampu memberikan kesejahteraan kepada para petani setempat, dan meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Dengan adanya pendampingan langsung dari Kemenkop-UKM, mereka optimis masyarakat akan menjadi penggerak utama yang mampu mendorong akselerasi pengembangan hilirisasi produk pertanian di Kukar.

Baca Juga: Pasang SUTM 25 Km, 5 Kampung di Kutai Barat Nikmati Listrik 24 Jam

Permintaan Pemkab Kukar itu mendapat respons positif oleh Hanung. Ia menyatakan siap membantu dan mendampingi Pemkab Kukar, dalam proses pembangunan dan pengembangan pabrik di dua kecamatan itu. 

Dukungan ini diberikan, agar program yang dijalankan Pemkab Kukar dapat berjalan dengan baik. Apalagi program Pemkab Kukar sejalan dengan Kemenkop-UKM, untuk hilirisasi ekonomi dengan merangkul seluruh pelaku UMKM di daerah.  

“Kemenkop-UKM siap membantu apa yang diinginkan pemkab Kukar, saya akan mengutus tim nantinya untuk melakukan pendampingan,” tukas Hanung.(ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner