Arus Balik 2023

Kemenhub Kembali Melepas 2097 Pemudik Bermotor ke Jakarta

Kemenhub kembali melepas 2097 peserta arus balik mudik gratis sepeda motor. Peserta diangkut menggunakan kapal KM. Dobonsolo.

Featured-Image
KM Dobonsolo milik PT Pelni memberangkatkan peserta mudik gratis sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Sabtu (15/4/2023). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali melepas 2097 peserta arus balik mudik gratis sepeda motor. Peserta diangkut menggunakan kapal KM Dobonsolo melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Sore ini, kapal KM Dobonsolo kembali mengangkut para pemudik gratis sepeda motor sebanyak 2.092 orang penumpang dan 847 unit sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno dalam keterangan tertulis, Jumat (28/4).

Sebelumnya kapal KM Dobonsolo yang dioperatori PT. Pelni telah mengangkut sebanyak 1.083 penumpang dan 481 sepeda motor peserta arus balik mudik gratis melalui rute yang sama.

Menurut Sumarno program mudik gratis tersebut sangat membantu khususnya dalam mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya yang akan kembali ke Jakarta.

Baca Juga: KM Dobonsolo Angkut Peserta Mudik Gratis Motor Menuju Semarang

Perjalanan itu juga lebih aman dan nyaman, sebab selain gratis, para pemudik juga mendapatkan fasilitas makan dua kali, asuransi dan fasilitas lainnya seperti pengobatan dan hiburan di atas kapal.

“Dengan naik kapal ini, mereka bisa  istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Semarang nanti bisa melanjutkan perjalanan  ke kota masing-masing," kata Sumarno.

Sementara itu, staf ahli Menhub Bidang Kawasan dan Lingkungan Hidup, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi mengungkapkan untuk yang kedua kalinya, kapal KM. Dobonsolo kembali mengangkut ribuan penumpang arus balik.

Penumpang merupakan peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dan merupakan voyage terakhir pada penyelenggaraan mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun 2023.

Baca Juga: Pengguna Angkutan Umum, Kemenhub: H-8 hingga H+2 Capai 9,3 Juta Orang

“Alhamdullilah, sampai sore ini penyelenggaraan angkutan mudik dan angkutan balik gratis sepeda motor dengan kapal telah berjalan lancar dan sukses," ujarnya.

Peserta diimbau untuk tetap menjaga keselamatan dan tidak berdiri di pinggir kapal. Serta, dilarang merokok sembarangan karena bisa membahayakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan di kapal.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memanfaatkan mudik gratis tersebut, karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kepadatan dan kecelakaan di jalan raya.

Editor
Komentar
Banner
Banner