Tak Berkategori

Kemenag Gelar Manasik Massal untuk Calon Jemaah Haji

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, H Noor Fahmi, secara resmi…

Featured-Image
Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, H Noor Fahmi, secara resmi membuka acara Manasik Massal I dan II bagi Jemaah calon haji di Kota Banjarmasin Hotel Aria Barito pada Rabu (19/6) pagi. Foto-AHC 09

bakabar.com, BANJARMASIN - Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, H Noor Fahmi, secara resmi membuka acara Manasik Massal I dan II jemaah calon haji kota Banjarmasin tahun 2019 pada Hotel Aria Barito, Rabu (19/6) pagi.

Pelaksanaan manasik rencananya akan digelar sebanyak 10 kali, 2 kali untuk tingkat kota dan 8 manasik tingkat Kecamatan.

"Seperti itulah aturan yang dilakukan untuk membekali para calon jamaah," ucap Fahmi kepadabakabar.com.

Selain acara pembukaan, agenda manasik massal kali ini adalah pembekalan materi bagi para calon jemaah. Fahmi berharap agar para jemaah mengikuti secara serius setiap bimbingan manasik dari para narasumber.

"Dari segi teknis pelaksanaan ibadah sampai proses pemberangkatan, secara umum akan disampaikan oleh narasumber," tuturnya.

Saat menyampaikan sambutan, Fahmi berpesan kepada para jemaah agar mandiri dan menjaga kebersamaan saat berhaji nanti.

"Jangan selalu bergantung kepada petugas. Lalu jangan juga sendiri-sendiri, usahakan selalu berkelompok dan saling mengingatkan. Karena situasi di Mekkah berbeda dengan di Banjar," pesannya.

Terdata sebanyak 681 calon jamaah haji yang terdiri dari 304 jemaah pria dan 377 jemaah wanita, tergabung dalam 13 kloter yang dibagi menjadi dua gelombang keberangkatan. Dari penambahan kuota 324 orang untuk Kalsel, Fahmi menyebut masih ada 13 jemaah asal Banjarmasin yang belum melakukan pelunasan.

"Untuk Kalsel masih ada 54 orang, 13 diantaranya berasal dari Banjarmasin yang belum melunasi, kita tunggu paling lambat tanggal 29 juni," ujarnya

Kepala seksi penyelenggaraan Haji Banjarmasin, H Burhan Noor turut memaparkan manasik tingkat kecamatan akan dilaksanakan mulai Kamis (20/6) hingga Jumat (28/6).

"Jemaah akan mengikuti manasik selanjutnya sesuai domisilinya masing-masing," kata Burhan.

Untuk manasik massal ia menjelaskan akan ada beberapa penyampaian materi yaitu Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kebijakan Teknis Penyelenggaraan Ibadah Haji di Kota Banjarmasin, Kebijakan Teknis Kesehatan, Hikmah Berhaji, Meraih Haji Mabrur dan Teknis Pembagian Kloter. Sedangkan manasik tingkat kecamatan yaitu teknis dan teori tentang praktek haji dan umroh.

"Untuk manasik massal pembekalan materi akan terbagi dua. Selanjutnya nanti akan dilaksanakan Sabtu, 29 Juni 2019, di Aria Barito Hotel sekaligus agenda penutupan," tutupnya.

Baca Juga: Bank Mandiri Syariah Layani Penukaran Riyal Lebih Murah untuk Calon Haji Banjarmasin

Baca Juga: Inilah Calon Haji Tertua Asal Banjarmasin

Baca Juga: Calon Jemaah Haji Batola Meningkat

Baca Juga: Kemenag Tapin Gelar Manasik Haji Sekaligus Bagikan Dana Hibah

Reporter: AHC09
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner