Kalteng

Kelompok Pembudidaya Ikan di Kapuas Dibantu Mesin Pakan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sebanyak 3 kelompok pembudaya ikan (pokdakan) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mendapatkan bantuan…

Featured-Image
Penyaluran bantuan mesin pembuat pakan ikan untuk kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Kapuas. Foto: Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Sebanyak 3 kelompok pembudaya ikan (pokdakan) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mendapatkan bantuan mesin pembuat pakan ikan.

3 pokdakan tersebut adalah Berkat Bersama Desa Lupak Dalam, Kecamatan Kapuas Kuala, Kencana Subur Desa Saka Tamiyang, Kecamatan Kapuas Barat dan Cahaya Baru Desa Sei Jangkit, Kecamatan Bataguh.

Kepala Dinas Perikanan Kapuas, Darmawan, melalui Kabag Pemberdayaan Pembudidaya Ikan, Fatmawati, mengatakan bantuan tersebut telah disalurkan pihaknya belum lama ini.

“Paket bantuan mesin pembuat pakan ikan tenggelam itu kemarin telah kami salurkan langsung kepada 3 pokdakan penerima manfaat,” katanya di Kuala Kapuas, Minggu (8/8).

Fatmawati bilang, mesin pembuat pakan ikan tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Direktorat Pakan dan Obat Ikan.

“Bantuan ini sangat membantu masyarakat, karena salah satu kendala dalam usaha budidaya Ikan ini adalah mahalnya harga pakan dan sering tak terjangkau untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah," ujarnya.

Dengan adanya bantuan tersebut setidaknya akan menghemat biaya produksi sampai 50 persen, kerena pakan dibuat sendiri dari bahan yang tersedia di lingkungan sekitar serta tidak membeli pakan buatan dari pabrik.

"Harapannya bantuan ini tidak di sia-siakan dan dapat dipelihara dengan baik serta berhasil guna dan berdaya guna untuk Pokdakan khususnya, serta untuk Pokdakan lain yang ada di sekitarnya,” pungkas Fatmawati.



Komentar
Banner
Banner