Kejurnas Sprint Rally 2023, Rihan Variza Bertahan di Papan Atas

Situasi papan atas klasemen kejuaraan umum Kejurnas Sprint Rally 2023 kian ketat selepas putaran kelima, Sabtu hingga Minggu (14-15/10).

Featured-Image
Aksi HM Rihan Variza di putaran kelima Kejurnas Sprint Rally 2023 yang berlangsung di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur, Minggu (15/10). Foto: HRVRT Official

bakabar.com, MALANG - Situasi papan atas klasemen kejuaraan umum Kejurnas Sprint Rally 2023 kian ketat selepas putaran kelima, Sabtu dan Minggu (14-15/10).

Putaran kelima berlangsung di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur.

Venue tersebut juga menjadi tempat pelaksanaan putaran kedua dan ketiga. Bedanya trek lebih panjang 500 meter dari 5,2 kilometer menjadi 5,7 kilometer.

Karakter trek juga lebih menantang, karena spot tanjakan dan turunan lebih panjang dibandingkan putaran-putaran sebelumnya.

Hasilnya persaingan memang menjadi lebih ketat, terutama di kelas M1 yang diramaikan belasan mobil berspesifikasi World Rally Championship (WRC) 2.

Di hari pertama yang mempertandingkan Special Stage (SS) 1 dan 2, H Putra Rizky mencetak total waktu terbaik dengan 10:01,2 detik.

Disusul Ryan Nirwan di urutan kedua dengan akumulasi waktu 10:02,3 detik. Kemudian H Rahmat dari LFN Sederhana Motorsport menempati tercepat ketiga dengan 10:04,7 detik.

Adapun HM Rihan Variza yang mengendarai Hyundai i20 Rally2, berada di urutan keempat dengan 10:07.1 detik.

Rinciannya Rihan mencatat waktu 05:04,4 detik di SS 1. Masih beradaptasi dengan mobil baru, pereli HRVRT ini kemudian menyelesaikan SS 2 dengan catatan waktu 05.02,7 detik.

Hasil hari pertama terlihat cukup menguntungkan Putra Rizky. Diketahui pereli LFN Sederhana Motorsport ini berupaya mengejar defisit poin dari Rihan Variza di puncak klasemen kejuaraan umum dan grup M1.

Baca Juga: Wow! Rihan Variza Bawa Dua Mobil Spek WRC di Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri Kelima

Baca Juga: Usai Kejurnas Sprint Rally 2023 Putaran Keempat, Rihan Variza Puncaki Klasemen

Namun di hari kedua, Ryan Nirwan tampil lebih apik. Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia asal Kalimantan Timur ini sapu bersih SS 3 dan 4.

Mengendarai Toyota GR Yaris AP4, Ryan pun menjadi pereli tercepat di putaran kelima dengan total waktu 19:55,9 detik.

Sementara Rahmat berada di urutan kedua, disusul Putra Rizky. Sedangkan Rihan Variza tertahan di urutan keempat dengan total waktu 20:11,8 detik.

Meski demikian, hasil putaran kelima tidak mengubah posisi Rihan di puncak klasemen kejuaraan umum. Pereli Kalimantan Selatan ini mengoleksi 55 poin dari total lima putaran.

Sebaliknya terjadi perubahan di urutan kedua. Ryan Nirwan melejit dengan perolehan 50 poin, sekaligus menggeser Putra Rizky ke urutan ketiga dengan 49 poin.

Sementara di klasemen grup M1, Ryan yang berhak menempati peringkat teratas dengan 29 poin. Rihan menjadi runner up dengan 27 poin, atau unggul 1 angka atas Putra Rizky di peringkat ketiga.

Penentuan juara nasional akan terjadi di putaran pamungkas atau keenam yang berlangsung di Sport Center Indramayu, Jawa Barat, 28 dan 29 November 2023 mendatang. 

Menghadapi putaran penentu, HRVRT belum memutuskan mobil yang akan dibesut Rihan Variza. Pilihan yang tersedia adalah tetap menggunakan Hyundai i20 Rally2, atau kembali ke belakang kemudi Ford Fiesta Rally 2.

"Seandainya memakai Hyundai, semoga Rihan sudah dapat beradaptasi dengan baik," papar Rahman Nor Wahyudi, Team Official HRVRT.

"Sebenarnya sulit membandingkan kemampuan kedua mobil tersebut, karena sama-sama memiliki keunggulan," pungkasnya.

Jajaran sepuluh besar klasemen Kejurnas Rally 2023 hingga seri kelima.
Jajaran sepuluh besar klasemen kejuaraan umum Kejurnas Rally 2023 hingga seri kelima yang berlangsung di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur.
Editor


Komentar
Banner
Banner