Olahraga

Kejurnas Gantole dan Paralayang di Tahura Sultan Adam Mandiangin Dimulai

Kejuaraan nasional paralayang dan gantole dilangsungkan di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Mandiangin, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (11/11

Featured-Image
Kejurnas gantole dan paralayang dilangsungkan di Tahura Sultan Adam. Foto-apahabar.com/Hasan

apahanar.com, BANJARBARU - Kejuaraan nasional paralayang dan gantole dilangsungkan di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Mandiangin, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (11/11/2023).

Gantole diikuti dari berbagai provinsi di Indonesia. Seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Barat. Kemudian Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan. Peserta berjumlah 34 dan ofisial 9 orang.

Sementara paralayang dengan 24 peserta yang datang dari Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Papua.

Adapun penerbang dari tuan rumah Kalimantan Selatan ada sebanyak 14 orang.

Dipilihnya Tahura Sultan Adam ini menjadi lokasi kejurnas gantole dan paralayang, karena memang dianggap mumpuni atau sudah berstandar nasional.

"Kami sangat terkejut dengan Tahura Sultan Adam. Kami mengira biasa saja. Ternyata pemandangannya sungguh indah," papar Sekjen PB FASI, Marsma TNI Tyas Nur Adi.

Adi menuturkan, Indonesia akan menjadi tuan rumah paralayang dan gantole se-Asia Tenggara.

Tidak menutup kemungkinan Kalsel menjadi salah satu lokasi tuan rumah event internasional.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor meminta kepada para peserta kejurnas bisa menunjukkan kemampuan terbaik dengan tetap memprioritaskan keselamatan.

Sahbirin berharap di tahun yang akan datang, direncanakan event bertaraf internasional.

Selain menjaring atlet hebat, kejurnas gantole dan paralayang juga akan dapat mempromosikan dan meningkatkan daya tarik wisata Kalsel, khususnya di Tahura Sultan Adam.

Di tempat sama, Kepala Dinas Kehutanan memgaku siap menyikapi instruksi gubernur.

"Kami akan terus melengkapi sarpas (sarana dan prasarana) di Tahura Sultan Adam untuk event-event internasional," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner